Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Tak akan Pertahankan Kesepakatan Nuklir yang Tidak Menguntungkan

Kompas.com - 13/06/2018, 16:16 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TEHERAN, KOMPAS.com - Presiden Iran Hassan Rouhani pada Selasa (12/3/2018), mengatakan bahwa Teheran tidak akan mempertahankan Kesepakatan Nuklir 2015 jika tidak mendatangkan keuntungan bagi negaranya.

Rouhani, dalam komunikasi telepon dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron, meminta kepada negara-negara Eropa untuk menemukan cara memberi kompensasi kepada Iran jika mereka ingin mempertahankan kesepakatan tersebut.

Selain AS yang telah memutuskan mundur dari Kesepakatan Nuklir 2015, lima negara penandatangan lainnya, yakni Perancis, Inggris, Jerman, Rusia, dan China sepakat untuk mempertahankannya.

Baca juga: Pemimpin Tertinggi Iran Perintahkan Peningkatan Kapasitas Pengayaan Uranium

"Kita tidak boleh membiarkan pencapaian besar diplomasi ini dihancurkan oleh tindakan sepihak orang lain yang tidak sesuai dengan janji mereka," kata Rouhani dalam situs resminya.

Presiden AS Donald Trump memutuskan meninggalkan kesepakatan nuklir tersebut yang disebutnya banyak kekurangan karena tetap memberikan keuntungan kepada Iran dan tidak mencegah Teheran memiliki senjata nuklir.

Keputusan Trump yang menarik AS membuat Inggris, Perancis dan Jerman harus berjuang memastikan Iran mendapat insentif yang cukup untuk tetap bertahan pada kesepakatan itu.

Kantor Presiden Macron mengatakan, pihaknya terus berupaya meyakinkan kepada Rouhani bahwa Perancis dan negara Eropa lainnya tetap berkomitmen pada kesepakatan itu.

"Presiden memberi tahu pada Presiden Rouhani tentang perkembangan yang telah dilakukan Perancis. Dia mengharap bahwa Iran, pada bagiannya, akan memenuhi kewajibannya tanpa ambiguitas," kata pernyataan kantor presiden Macron.

Pejabat Perancis mengindikasikan, sisa penandatangan kesepakatan akan segera berkumpul dan bertemu di Wina.

Baca juga: Iran Sampaikan 4 Tuntutan Perjanjian Nuklir kepada Sekutu AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com