Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Ajak Kim Jong Un Lihat Limosinnya Berjuluk "Si Buas"

Kompas.com - 13/06/2018, 12:52 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un tidak melulu soal denuklirisasi.

Ada beberapa kejadian menarik ketika keduanya bertemu di Hotel Capella, Singapura, pada Selasa pagi (12/6/2018) waktu setempat.

Dilansir Daily Mirror, salah satunya ketika Trump mengajak Kim untuk melongok limosinnya selepas jamuan makan siang.

Baca juga: Inilah 7 Hal Menarik dari Pertemuan Bersejarah Trump dan Kim Jong Un

Ketika anggota Secret Service membukakan pintu limosin jenis Cadillac itu, Kim kemudian menunjukkan gestur kagum dengan isi di dalamnya.

Limosin berjuluk The Beast atau "Si Buas" itu mempunyai bobot sekitar 4,5 ton, dan berharga 1,5 poundsterling Inggris, atau Rp 27,9 miliar.

Mobil tersebut bisa menahan serangan gas kimia maupun senjata biologis, mempunyai struktur baja, dan kacanya anti-peluru.

Mobil tersebut juga mendapat fasilitas khusus penunjang kehidupan seperti suplai darah dan mesin pertolongan pertama saat kecelakaan.

Sebenarnya bukan Trump saja yang datang dengan mobil mewah. Kim datang dengan menaiki Mercedes Maybach, yang seharusnya tidak boleh dia miliki karena di bawah sanksi internasional.

Namun, pakar bahasa tubuh Darren Stanton kepada The Sun menjelaskan, presiden ke-45 dalam sejarah AS itu sedang menunjukkan bahwa dia pemimpin paling berkuasa.

"Saya percaya, Trump menunjukkan mobilnya kepada Kim dengan maksud untuk berkata 'Anda memang punya Maybach. Namun lihat apa yang saya miliki!'," ujar Stanton.

Pertemuan yang dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat tersebut menghasilkan empat keputusan yang ditandatangani oleh kedua pemimpin itu.

Baca juga: Keputusan Trump Akhiri Latihan Militer dengan Korsel Kejutkan Pentagon

Selain kesanggupan Kim untuk melucuti senjata nuklirnya, Korut juga diminta untuk menyerahkan tawanan perang atau jenazah tentara yang hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com