Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump: Kami akan Bertemu Berkali-kali

Kompas.com - 12/06/2018, 20:12 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump menyebut dengan penandatanganan kesepakatan bersama Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, maka keduanya telah menjalin sebuah ikatan yang kuat. Trump bahkan berkata akan sering bertemu dengan Kim di kemudian hari.

Meski pertemuan keduanya yang dilangsungkan di Hotel Capella, Singapura, pada Selasa (12/6/2018) itu telah menjadi sebuah pertemuan bersejarah, namun Trump mengatakan bahwa pertemuan itu bukanlah yang terakhir.

"Kami akan kembali bertemu. Kami akan bertemu lagi berkali-kali," kata Trump menutup pertemuannya dengan Kim, usai melakukan penandatanganan kesepakatan.

Baca juga: Trump: Latihan Militer AS dan Korsel Bakal Dihentikan

Dalam konferensi pers seusai pertemuan, Trump menjawab pertanyaan wartawan tentang kemungkinan dirinya berkunjung ke Korea Utara.

Menurut Trump, dirinya akan berkunjung ke Pyongyang pada kesempatan yang tepat. Trump pun menyebut pada waktu yang tepat dirinya ujga akan mengundang Kim ke Gedung Putih.

"Pada saat yang tepat saya akan ke sana dan saya juga akan mengundang Ketua Kim pada saat yang tepat untuk ke Gedung Putih."

"Saya pikir itu akan menjadi sesuatu yang sangat penting dan dia menerimanya. Saya katakan pada saat yang tepat," ujar Trump.

Dalam kesepakatan yang disebut Trump sebagai kesepakatan yang komprehensif dan sangat penting, salah satunya membahas denuklirisasi yang menyeluruh di Semenanjung Korea.

Selain itu juga kesepakatan AS dengan Korea Utara yang akan membangun sebuah hubungan baru dengan didasari keinginan kedua negara untuk mewujudkan perdamainan dan kesejahteraan.

Baca juga: Begini Isi Kesepakatan Donald Trump dan Kim Jong Un

Trump mengakui isi dari kesepakatan belum mencakup semua hal penting, namun dia menegaskan penambahan akan selalu dapat dilakukan di kemudian hari.

"Saya pernah melakukan itu sebelumnya. Menambahkan hal yang tidak tercakup dalam kesepakatan saat penandatanganan setelahnya. Karena kita tak punya waktu yang cukup untuk membahas semuanya," kata Trump.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com