Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Dunia Menyaksikan Jabat Tangan Bersejarah Trump-Kim Jong Un

Kompas.com - 12/06/2018, 13:53 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com — Masyarakat dunia turut menyaksikan saat-saat Presiden AS Donald Trump berjabat tangan untuk pertama kalinya dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Pertemuan tingkat tinggi antara Trump dengan Kim telah berlangsung di Hotel Capella, Singapura, pada Selasa (12/6/2018).

Momen jabat tangan pertama antara Trump dan Kim yang berlangsung selama sekitar 10 detik telah menarik jutaan pasang mata seusai disiarkan secara langsung ke berbagai negara.

Orang-orang yang tengah berjalan di jalan-jalan di Singapura sejenak berhenti dan mengarahkan pandangan ke layar besar yang terpasang di sejumlah tempat publik.

Baca juga: Jabat Tangan 10 Detik yang Bersejarah antara Trump dan Kim Jong Un

Di Korea Selatan, orang-orang berkumpul di stasiun kereta api dan berbagai lokasi lain untuk menonton pertemuan penting tersebut bersama-sama.

Warga pun spontan bertepuk tangan saat Kim dan Trump saling bertukar sapa dan dilanjutkan dengan jabat tangan yang hangat.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap menunjukkan saat Presiden Moon Jae-in tersenyum menyaksikan momen jabat tangan antara rekan AS dan Korea Utara-nya

"Pertemuan Korea Utara dengan AS kini telah dimulai. Saya pikir perhatian semua orang saat ini diarahkan ke Singapura," kata Moon dikutip saat menjelang pertemuan kabinet.

Di Koreatown, Los Angeles, banyak orang berkumpul di tempat publik, seperti restoran untuk menyaksikan pertemuan tingkat tinggi yang tengah berlangsung di Singapura itu.

Mereka pun bertepuk tangan saat momen jabat tangan Trump dan Kim ditampilkan di layar televisi.

Di New York, orang-orang yang melintas di Times Square berhenti sejenak untuk menyaksikan siaran langsung pertemuan Trump-Kim di layar televisi di gedung-gedung.

Pejalan kaki di Jepang berhenti di depan layar besar yang menyiarkan siaran langsung pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Kim Jong Un.AFP / MARTIN BUREAU Pejalan kaki di Jepang berhenti di depan layar besar yang menyiarkan siaran langsung pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Kim Jong Un.
Di Tokyo, Jepang, orang-orang berebut koran edisi khusus yang memuat pertemuan AS dan Korea Utara di Singapura. Sementara para pejalan kaki memilih berhenti sejenak untuk menyaksikan siaran langsung di layar televisi di gedung pertokoan.

Baca juga: Trump: Pertemuan Empat Mata dengan Kim Berlangsung Sangat Baik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com