Kompas.com - 12/06/2018, 11:18 WIB
|

SINGAPURA, KOMPAS.com — Pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura, Selasa (12/6/2018), sedang berlangsung.

Sejauh ini, belum diketahui pasti agenda pembicaraan kedua pemimpin itu meski banyak yang menduga denuklirisasi Korea Utara menjadi salah satu menu utama pembicaraan.

Di saat menu pembicaraan belum diketahui, menu makan siang kedua pemimpin itu malah sudah dirilis.

Kim dan Trump dijadwalkan santap siang pada pukul 11.30 waktu Singapura sekaligus menandai fase terakhir pertemuan kedua pemimpin itu.

Baca juga: Jabat Tangan 10 Detik yang Bersejarah antara Trump dan Kim Jong Un

Apa yang akan disantap kedua pemimpin itu saat makan siang? Tampaknya menu yang disediakan merupakan gabungan kuliner Timur dan Barat.

Jurnalis ABC News Meredith McGraw lewat akun Twitter-nya membagikan daftar menu santap siang seperti yang dirilis Gedung Putih.

Untuk makanan pembuka disajikan koktail udang tradisional dengan saus alpukat, menu tradisional melayu, dan makanan khas Korea yang disebut "oiseon".

Untuk menu makanan utama disajikan daging rusuk sapi, kentang, daging babi renyah, hingga  ikan  rebus dengan  sayuran Asia.

Makan siang kemudian akan diakhiri dengan berbagai menu makanan pencuci mulut, salah satunya es krim Haagen Dazs.

Selain Kim dan Trump, acara makan siang itu juga dihadiri sejumlah pejabat lainnya sehingga seluruhnya berjumlah 14 orang.

Baca juga: Trump dan Kim Jong Un Tiba di Hotel Capella

Trump akan didampingi Menlu Mike Pompeo, Penasihat Keamanan John Bolton, Kepala Staf Gedung Putih, Sekretaris Pers Sarah Sanders, Dubes AS di Manila Sung Kim, dan Wakil Asisten Urusan Asia Matthew Pottinger.

Sementara Kim mengajak Wakil Ketua Komiter Sentral Partai Pekerja Kim Yong Chol dan Ri Su Yong, Menlu Ri Yong Ho, Wamenlu Choe Son Hui, Menhan No Kwang Chol, sang adik Kim Yo Jong, dan Direktur Komiter Sentral Partai Pekerja Han Kwang Sang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.