Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump dan Kim Jong Un Tiba di Hotel Capella

Kompas.com - 12/06/2018, 08:01 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di Hotel Capella, Pulau Sentosa.

Keduanya akan membuat sejarah pada Selasa (12/6/2018), sebab pertemuan ini merupakan yang pertama kalinya bagi pemimpin AS dan Korut untuk bertatap muka, berjabat tangan, dan negosiasi mengakhiri senjata nuklir.

Trump meninggalkan penginapannya pukul 08.00 waktu Singapura menuju Hotel Capella dengan menempuh perjalanan sekitar 20 menit.

Pertemuan keduanya akan dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat, atau pukul 08.00 WIB.

Tiba di Hotel Capella, Trump tampak mengenakan jas hitam dengan dasi merah. Tak ada senyuman di wajahnya. Begitu mobil kepresidenan sampai di depan lobi, dia segera masuk ke dalam hotel.

Baca juga: Begini Susunan Acara Pertemuan Trump dan Kim Jong Un Hari Ini

Trump dan Kim menginap di hotel yang berbeda. Jika Kim Jong Un menginap di Hotel St Regis, maka Trump menginap Hotel Shangri-La. Hotel tersebut merupakan hotel bintang lima jaringan internasional di Singapura.

Trump dan Kim dijadwalkan akan makan siang bersama. Kemudian, pada pukul 16.00 waktu setempat, orang nomor satu di AS itu akan melakukan konferensi pers.

"Kita akan segera mengetahui apakah akan sepakat atau tidak," kicau Trump.

Straits Times mewartakan, sekitar 10 juru kamera asal AS dan lima juru kamera dari Korea Utara, bersama dengan lima jurnalis dari Singapura menanti kemunculan Trump dan Kim Jong Un.

Pemerintah Singapura menggelontorkan biaya sekitar 20 juta dollar Singapura atau sekitar Rp 209 miliar untuk mengadakan pertemuan bersejarah antara AS dan Korut.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong menyatakan, setengah dari dana tersebut dikeluarkan untuk biaya keamanan.

Menurut Lee, keamanan tidak hanya melibatkan polisi di sekitar lokasi pertemuan, namun juga untuk mengamankan wilayah laut, udara, dan darat.

"Jadi ini operasi yang sangat besar, karena pertemuan kali ini berprofil tinggi dan kami tidak boleh melakukan kesalahan," ucapnya.

Baca juga: Pertemuan dengan Kim akan Menjadi Pembuktian Politik Koboi Trump

Singapura merupakan salah satu dari sedikit negara di dunia yang memiliki hubungan diplomatik antara AS dan Korut.

Beberapa menit lagi, pertemuan bersejarah antara Trump dan Kim Jong Un akan segera berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com