Kompas.com - 11/06/2018, 17:17 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Polisi dari Departemen Investigasi Kejahatan Komersial Malaysia dilaporkan kembali melakukan penggeledahan ke properti mantan Perdana Menteri Najib Razak.

Diwartakan Malay Mail, polisi menggunakan rompi terlihat memasuki sebuah rumah di kawasan Seri Perdana Senin (11/6/2018) waktu setempat.

Dilaporkan, rumah tersebut diyakini sebagai salah satu tempat persembunyian mantan ketua koalisi Barisan nasional tersebut.

Baca juga: Mahathir: Tidak Mudah Menangkap Najib Razak

Petugas itu kemudian mengangkut kotak kardus ke van putih dengan logo sebuah perusahaan pembasmi pukul 14.20 waktu setempat, dengan penggeledahan berakhir 15.10.

Seorang sumber di kepolisian menyatakan, operasi tersebut didasarkan pada Undang-undang Anti-pencucian Uang. "Hanya ini yang bisa saya katakan," ujarnya.

Seorang tetangga anonim menjelaskan, orang terakhir yang menghuni rumah tersebut adalah mantan sekretaris pribadi Najib, Shukry Salleh.

"Kelihatannya rumah itu hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Terlihat dari banyak kardus yang dikeluarkan," tutur tetangga tersebut.

Polisi Malaysia melakukan pemeriksaan dalam mencari bukti terkait dugaan korupsi yang dilakukan Najib melalui lembaga investasi 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Setidaknya enam negara termasuk, Amerika Serikat (AS), menyelidiki penggelapan uang di 1MDB senilai 4,5 miliar dolar AS, atau Rp 63,8 triliun.

Skandal tersebut menjungkalkan Najib dana Barisan Nasional dalam pemilu. Mereka kalah dari oposisi Pakatan Harapan di bawah pimpinan Mahathir Mohamad.

Mahathir yang naik menjadi perdana menteri berkata, terdapat cukup bukti untuk kembali memulai proses investigasi 1MDB.

Baca juga: Proyek Pipa Era Najib Razak Dilaporkan ke Komisi Anti-korupsi Malaysia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.