Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Luar Negeri Pertama Pangeran Harry-Meghan Ikuti Putri Diana

Kompas.com - 11/06/2018, 16:16 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky

LONDON, KOMPAS.com - Kerajaan Inggris mengumumkan kunjungan luar negeri pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle setelah berstatus suami istri.

Dilansir Sky News Senin (11/6/2018), Istana Kensington menyatakan pasangan Duke dan Duchess of Sussex itu bakal mengikuti ibu Pangeran Harry, mendiang Putri Diana.

Pangeran Harry dan Meghan bakal mengunjungi Australia dan Selandia Baru, persis seperti yang dilakukan Putri Diana dan Pangeran Charles pasca-menikah di 1981.

Baca juga: Ratu Elizabeth Hadiahkan Pondok untuk Harry dan Meghan

Saat itu, Diana dan Pangeran Charles menghabiskan 41 hari di dua negara tersebut, dan total kunjungannya mencapai 37.982 kilometer.

Dalam keterangan resmi Istana Kensington, Pangeran Harry dan Meghan berkunjung ke Australia dan Selandia Baru berkunjung atas undangan langsung pemerintah di sana.

Kunjungan yang diperkirakan bakal dilangsungkan pada Oktober itu juga bertepatan dengan perhelatan Invictus Games di Sydney.

Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, berujar bahwa rakyat Negeri "Kanguru" bakal menerima pasangan tersebut dengan hangat.

"Kami yakin rakyat kami bakal menerima kehadiran Yang Mulia dengan antusiasme tinggi, dan perasan hangat selama berada di Australia," kata Turnbull.

Pernyataan yang sama juga disuarakan Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern. Dia berujar, Pangeran Harry begitu menikmati kunjungannya di 2015.

"Bagi Duchess of Sussex, ini adalah kali kedua dia mengunjungi negeri kami. Saya yakin masyarakat bisa menerima mereka," kata Ardern.

Lebih lanjut, Meghan dan Pangeran Harry dilaporkan bakal mengunjungi Fiji dan Kerajaan Tonga atas permintaan Kantor Persemakmuran Bidang Luar Negeri.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Kembalikan Kado Pernikahan Total Rp 129 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com