Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Surat, Kim Jong Un Undang Trump ke Korea Utara pada Bulan Juli

Kompas.com - 11/06/2018, 13:47 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Kyodo News

SEOUL, KOMPAS.com - Belum juga terjadi pertemuan pertamanya dengan Donald Trump, Korea Utara dikabarkan telah menyampaikan undangan kepada Presiden AS itu untuk berkunjung ke Pyongyang pada bulan Juli untuk pertemuan kedua mereka.

Diberitakan media Korea Selatan, JoongAng Ilbo, yang dilansir Kyodo News, Senin (11/6/2018), undangan pertemuan kedua tersebut disampaikan melalui surat dari Kim Jong Un dan telah diserahkan kepada Trump.

Ditambahkan media tersebut, kedua pihak, baik perwakilan Korea Utara maupun AS, telah sepakat akan perlunya diadakan pertemuan lanjutan.

Baca juga: Trump Bersedia Undang Kim Jong Un ke Gedung Putih

Kesepakatan itu disampaikan ketika kedua pihak bertemu di New York maupun tempat lainnya, selama persiapan pertemuan Trump dengan Kim yang dijadwalkan digelar di Singapura pada Selasa (12/6/2018).

Surat pribadi dari Kim yang dikirimkan kepada Trump tersebut dibawa oleh pejabat senior Korea Utara, Kim Yong Chol, yang juga merupakan tangan kanan Kim, ketika dia menungunjungi Presiden Trump di Gedung Putih pada 1 Juni lalu.

Para pejabat berharap, rincian untuk denuklirisasi Korea Utara diharapkan dapat menjadi pembahasan dalam pertemuan kedua nantinya.

Surat kabar tersebut menambahkan, apabila pertemuan pertama Trump dengan Kim dapat berjalan seperti rencana, sangat mungkin untuk dilangsungkannya pertemuan tingkat tinggi lain di Washington.

Rencana pertemuan lanjutan yang akan digelar pada September yang akan datang meliputi rencana pelaksanaan denuklirisasi Korea Utara, secara total.

Baca juga: Trump: Pejabat Korut Bakal Serahkan Surat dari Kim Jong Un Jumat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kyodo News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com