Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pertemuan Trump-Kim Jong Un, Jepang Kirim Delegasi ke Singapura

Kompas.com - 11/06/2018, 10:44 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Jepang mengirimkan delegasinya ke Singapura untuk mendukung keberhasilan pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Pejabat senior Jepang telah tiba di Singapura pada Minggu (10/6/2018). Kedatangan delegasi Jepang sekaligus untuk mengumpulkan informasi mengenai hasil pertemuan Trump dan Kim Jong Un.

"Kebijakan pemerintah Jepang selama ini untuk mendukung keberhasilan pertemuan AS-Korea Utara," kata Kenji Kanasugi, Dirjen Biro Urusan Kementerian Luar Negeri Kawasan Asia dan Oseania.

Baca juga: Sehari Jelang Pertemuan AS-Korut, Trump dan Kim Sudah Berada di Singapura

Kanasugi menyatakan, delegasinya juga akan berkomunikasi secara dekat dengan pejabat AS di Singapura.

Pemerintah Jepang berharap dapat membangun momentum pada acara bersejarah ini guna menemukan solusi mengenai kasus penculikan warganya oleh Korut pada 1970-an hingga 1980-an.

Atas peristiwa penculikan tersebut, hubungan antara kedua negara selalu bersitegang.

Terkait kemungkinan Jepang akan mencari kontak dengan pejabat Korut di Singapura, Kanasugi menyebut belum ada rencana terkait hal itu.

Pemerintah Jepang juga berharap keberhasilan pertemuan Trump-Kim Jong Un akan menjadi awal dari negara tertutup tersebut menyerahkan semua senjata nuklirnya.

Tidak hanya misil balistik antar-benua yang bisa mencapai daratan AS, tapi juga misil jarak pendek yang mampu menghantam Jepang dan Korea Selatan.

Kesibukan aktivitas diplomatik terus meningkat menjelang pertemuan Trump-Kim Jong Un.

Baca juga: Presiden Donald Trump Tiba di Singapura

Sumber-sumber pemerintah Jepang mengklaim, "Negeri Matahari Terbit" itu sedang mempertimbangkan pembicaraan informal dengan Korea Utara dalam forum keamanan internasional di Mongolia, setelah pertemuan Trump-Kim Jong Un.

Seperti diketahui, Trump dan Kim Jong Un akan bertemu pada Selasa (12/6/2018) di Hotel Capella di Pulau Sentosa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com