Kompas.com - 10/06/2018, 19:38 WIB
|

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pesawat Air Force One yang membawa Presiden AS Donald Trump telah tiba di Pangkalan AU Singapura di Paya Lebar pada Minggu (10/6/2018) pukul 20.20 waktu setempat.

Demi pertemuan bersejarah dengan Kim Jong Un itu, Trump pergi lebih cepat dari KTT G7 di Kanada. Selama perjalanan menuju Singapura, Trump membagikan harapannya lewat akun Twitter resminya.

"Ini akan menjadi hari yang menyenangkan dan saya tahu Kim Jong Un akan bekerja keras untuk melakukan sesuatu yang jarang dilakukan sebelumnya, menciptakan perdaaian dan kesejahteraan bagi negerinya," tulis Trump.

"Saya sangat berharap bisa segera bertemu dia dan saya merasa kesempatan satu-satunya ini tak akan terbuang percuma," lanjut dia.

Baca juga: Beberapa Hal Terkait Pertemuan Kim dan Trump di Singapura

Sejauh ini tidak diketahui jumlah delegasi yang akan mendampingi Trump, meski Menlu Mike Pompeo dan penasihat keamanan nasional John Bolton kemungkinan besar ada di dalam rombongan.

Sementara, ibu negara Melania Trump dipastikan tidak mendampingi suaminya selama di Singapura.

Meski hanya satu pesawat yang mendarat di Paya Lebar, tetapi konvoi Presiden Trump kemungkinan akan berjumlah cukup besar.

Sebelum kedatangan Air Force One ini, sebuah pesawat angkut C-17 Globemaster III milik AU Amerika Serikat sudah terlihat di pangkalan AU Paya Lebar.

Pesawat angkut berbadan besar itu biasanya membawa mobul limusin berjuluk "The Beast" yang biasa digunakan para presiden AS.

Selanjutnya, Presiden Trump akan meninggalkan Paya Lebar menuju ke Shangri-La. Sebelumnya, pada sore hari tadi Kim Jong Un sudah tiba di Singapura.

Kim kemudian menginap di hotel St Regis dan telah melakukan pertemuan dengan PM Singapura Lee Hsien Loong.

Baca juga: Jadi Lokasi KTT Kim dan Trump, Apa Keuntungan Bagi Singapura?

Pada Senin (11/6/2018), giliran Presiden Trump yang akan menggelar pertemuan dengan perdana menteri Singapura.

Trump dan Kim dijadwalkan melakukan pertemuan di Hotel Capella di Pulau Sentosa pada Selasa (12/6/2018).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.