Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2018, 20:23 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dilaporkan bakal sampai di Singapura akhir pekan ini.

Straits Times dan Yonhap Jumat (8/6/2018) memberitakan, kedua pemimpin tersebut dilaporkan bakal menginjakkan kaki pada Minggu (10/6/2018).

Sekretaris Pers Gedung Putih, Sarah Sanders, menyatakan Trump bakal meninggalkan pertemuan tujuh negara ekonomi terkuat dunia atau G7 di Kanada lebih cepat.

Baca juga: China Mungkin Kirim Jet Tempur untuk Kawal Kim Jong Un

Rencananya, Trump bakal meninggalkan pertemuan G7 di Quebec pukul 10.30 waktu setempat, kemudian bertolak dari Kanada pukul 14.15.

"Presiden bakal langsung menuju Singapura dari Kanada untuk mempersiapkan pertemuannya dengan Kim 12 Juni nanti," tutur Sanders.

Nantinya, sisa dari konferensi itu bakal dihadiri Wakil Asistan Bidang Hubungan Ekonomi Internasional, Everett Eissenstat.

Sementara Kim, mengutip sumber Korut, bakal menempuh penerbangan langsung dari Pyongyang menuju Bandara Changi Singapura.

Kim dan Trump bakal menggelar pertemuan pada Selasa (12/6/2018) pukul 09.00 waktu setempat di Hotel Capella, Pulau Sentosa.

Ada dua isu yang bakal dibawa ke meja pertemuan. Yakni desakan agar Korut bersedia melucuti nuklirnya, dan pernyataan berakhirnya Perang Korea 1950-1953.

Trump menyampaikan bahwa pertemuannya dengan Kim tidak membutuhkan persiapan khusus. Melainkan sikap tegas untuk mendapatkan hasil yang positif.

"Ini tentang sikap, keinginan menyelesaikan sesuatu. Ini tentang melihat kemungkinan semuanya terjadi secara cepat," kata presiden 71 tahun itu.

"Akan sangat menyenangkan jika melihat segala sesuatu terjadi secara mulus. Yang pasti, mereka (Korut) harus melakukannya (denuklirisasi)," lanjut Trump.

Baca juga: Kuliner Bertema Trump dan Kim Muncul di Singapura

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.