Kompas.com - 08/06/2018, 17:16 WIB
|

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China kemungkinan bakal mengirimkan sejumlah jet tempurnya untuk mengawal pesawat yang membawa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menuju ke Singapura.

"Mengawal (seorang kepala negara dengan menggunakan jet tempur merupakan protokol keamanan tertinggi yang bisa disediakan angkatan udara," kata seorang sumber AU Korea Selatan kepada harian South China Morning Post.

"Jika China benar-benar menyediakan pengawalan, hal itu bisa jadi sekaligus menjadi pesan bagi aliansi AS-Korsel bahwa China mendukung rezim Korut," tambah sumber itu.

Kim Jong Un diketahui amat paranoid jika terkait keamanan pribadinya sehingga rute perjalanannya menuju Singapura hingga saat ini belum diketahui.

Baca juga: Tiba di Singapura, Kim Jong Un KW Diinterogasi Petugas Imigrasi

Namun, beberapa orang yang dekat dengan pengamanan  keluarga Kim mengatakan, Pyongyang akan mengambil "langkah ekstra" untuk memastikan keamanan sang pemimpin.

"Jumlah pengawal dan rute perjalanan menjadi prioritas utama Korea Utara selama Kim berada di Singapura," kata Lee Yun Keol, yang pernah bekerja di unit penagamanan pemimpin Korea Utara, sebelum membelot pada 2005.

"Kim nampanya akan memilih terbang ke Singapura melewati wilayah udara China untuk memastikan keamanannya, sehingga dia mendapatkan pengawalan dari China," tambah Lee.

Rute penerbangan yang digunakan seorang kepala negara saat melakukan kunjungan ke luar negeri biasanya dirancang dengan hati-hati dan amat dirahasiakan.

Sehingga tak aneh jika pesawat kenegaraan dikawal jet tempur saat melakukan kunjungan kerja. Demikian analis militer yang berbasis di Hongkong Song Zhongping.

Namun, lanjut Song, amat tak lazim adalah pengawalan pesawat tempur saat menuju ke wilayah udara negara ketiga.

Halaman:
Sumber SCMP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.