Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Kendaraan Lapis Baja Bertabrakan, 13 Tentara AS Terluka

Kompas.com - 08/06/2018, 16:08 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

VILNIUS, KOMPAS.com - Sebanyak 13 prajurit Resimen Kavaleri ke-13 AS cedera ketika kendaraan lapis baja Stryker yang mengangkut mereka bertabrakan di sebuah ruas jalan di Lithuania.

Iring-iringan kendaraan lapis baja Resimen Kavaleri ke-2 ini sedang melaju di jalan bebas hambatan 130 di dekat kota Prienai tak jauh dari perbatasan Kaliningran, daerah kantong Rusia, Kamis (7/6/2018).

Saat itu, salah satu kendaraan lapis baja itu tiba-tiba mengerem mendadak dan tergelincir keluar jalan raya yang mengakibatkan tabrakan beruntun yang melibatkan tiga kendaraan lapis baja lainnya.

"13 prajurit AS terluka dan dibawa ke rumah sakit terdekat dengan menggunakan ambulans," kata Kolonel Kathleen Turner kepada Army Times.

Baca juga: Prajurit AS Curi Kendaraan Lapis Baja dan Membawanya Keliling Kota

Pemerintah setempat menambahkan, sejauh ini tidak dilaporkan adanya korban warga sipil akibat insiden tersebut.

"Nampaknya, ada masalah di jalan raya yang memicu pengereman mendadak dan akhirnya terjadi tabrakan," kata Kapten Gintautas Ciunis dari AD Lithuania.

Resimen Kavaleri ke-2 bergerak ke Lithuania dari pangkalan mereka di Vilseck, Jerman untuk bergabung dalam latihan perang Saber Strike 2018.

Saber Strike adalah latihan perang rutin NATO dan kali ini digelar di negara-negara yang berbatasan langsung dengan Rusia.

Setidaknya 18.000 prajurit dari 19 negara, termasuk 3.000 prajurit AS, ambil bagian dalam latihan yang digelar di Estonia, Lithuania, Latvia, dan Polandia.

Sebagai bagian dari latihan, Kavaleri ke-2 dijadwalkan melakukan demonstrasi taktik menyeberangi Sungai Niemen pada 13 Juni di kota Kulautuva.

Baca juga: Milisi Rusia Kuasai Kendaraan Lapis Baja Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com