Kompas.com - 08/06/2018, 15:55 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan ingin bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di tempat netral.

Diwartakan Wall Street Journal Kamis (7/6/2018), Putin meminta Austria agar bersedia menjadi tuan rumah jika dia bertemu dengan Trump.

WJS melaporkan, Putin mengatakannya kepada Perdan Menteri Austria, Sebastian Kurz, saat berkunjung Selasa (5/6/2018).

Baca juga: Putin Berharap Pertemuan Trump dan Kim Jong Un Bisa Dilanjutkan

Putin menyatakan berniat bertemu Trump ketika presiden 71 tahun tersebut mengagendakan kunjungan ke Eropa Juli nanti.

Antara lain menghadiri konferensi Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), serta berkunjung ke Inggris.

Kurz dikabarkan menerima permintaan tersebut, dan kemudian mencoba untuk mengomunikasikannya dengan Gedung Putih.

Diberitakan TASS, pejabat Gedung Putih telah mengonfirmasi ada keinginan dari Austria untuk menggelar pertemuan antara Putin dan Trump.

"Meski kedua pemimpin sering berdiskusi soal adanya pertemuan, saat ini kami masih belum memutuskan apakah bakal menerimanya," kata pejabat tersebut.

Pejabat itu melanjutkan, Kurz bakal mendiskukan peluang terjadinya pertemuan dengan Duta Besar AS untuk Jerman, Richard Grenell, pekan depan.

Austria merupakan negara Uni Eropa (UE) yang paling sering berhubungan dengan Negeri "Beruang Merah" dibanding anggota yang lain.

Kedua kepala negara itu sudah kali bertatap muka pada 2017. Yang pertama terjadi di Jerman. Kemudian kedua saat menghadiri konferensi APEC di Danang, Vietnam.

Pada 20 Maret, Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders berujar, Trump sempat menawarkan agar Putin ke Washington saat berbicara di telepon.

4 Juni, diplomat Rusia yang merupakan orang kepercayaan Putin, Yuri Ushakov, mengatakan ajakan tersebut masih bersifat samar-samar.

Baca juga: Putin Dikabarkan Sebut Rusia Punya PSK Terbaik di Dunia kepada Trump

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.