Kompas.com - 08/06/2018, 12:33 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dilaporkan mempertimbangkan menggunakan pesawat negara lain untuk berangkat ke Singapura.

Sumber diplomatik di Korea Selatan (Korsel) menjelaskan, awalnya Kim mempertimbangkan untuk menggunakan pesawat kenegaraannya, Chammae-1.

Pesawat jenis Ilyushin Il-62 buatan Uni Soviet tersebut rencananya bakal transit di China untuk mengisi bahan bakar.

Baca juga: Inilah Fakta Seputar Chammae-1, Jet Khusus Milik Kim Jong Un

Namun, pemimpin yang berkuasa sejak 2011 tersebut kemudian berubah pikiran, dan berniat terbang langsung ke Singapura.

Namun, Chammae-1 merupakan pesawat usia tua, dan diragukan untuk bisa menempuh penerbangan sekitar 5.000 kilometer.

"Karena itu, ada kemungkinan pesawat negara lain bakal menyediakan pesawat bagi Kim," ujar sumber itu dilansir Chosun Ilbo Jumat (8/6/2018).

Menteri Singapura, Vivian Balakrishnan, dilaporkan berkunjung ke Pyongyang untuk membahas negara siapa yang bakal menyediakan transportasi.

Kim bakal bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada 12 Juni mendatang di Hotel Capella, Pulau Sentosa.

Ada dua isu yang bakal dibawa ke meja pertemuan. Yakni desakan agar Korut bersedia melucuti nuklirnya, dan pernyataan berakhirnya Perang Korea 1950-1953.

Trump menyampaikan bahwa pertemuannya dengan Kim tidak membutuhkan persiapan khusus. Melainkan sikap tegas untuk mendapatkan hasil yang positif.

"Ini tentang sikap, keinginan menyelesaikan sesuatu. Ini tentang melihat kemungkinan semuanya terjadi secara cepat," kata presiden 71 tahun itu.

"Akan sangat menyenangkan jika melihat segala sesuatu terjadi secara mulus. Yang pasti, mereka (Korut) harus melakukannya (denuklirisasi)," lanjut Trump.

Baca juga: Analis: Pesawat Kim Jong Un Tidak Layak untuk Bertemu dengan Trump

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.