Kompas.com - 08/06/2018, 08:18 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pertemuan tingkat tinggi antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tinggal menghitung hari. Trump pun menyampaikan bahwa semua persiapan sudah siap dan hanya tinggal menunggu pelaksanaan.

Usai menerima kunjungan dari Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Gedung Putih, Kamis (7/6/2018), Trump menyampaikan perkembangan persiapan pertemuan bersejarahnya dengan Kim yang akan dilangsungkan di Singapura pada Selasa (12/6/2018) pekan depan.

"Pertemuan puncak sudah siap dilaksanakan. Ini akan menjadi lebih dari sekadar foto-foto," kata Trump dalam konferensi pers didampingi Shinzo Abe.

Pertemuan bersejarah antara pemimpin AS dengan Korea Utara tersebut akan menjadi kali pertama dilangsungkan.

Baca juga: AS Bantah Dennis Rodman Bakal Ikut Pertemuan Trump-Kim Jong Un

Agenda pertemuan puncak direncanakan dihelat di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, mulai pukul 09.00 waktu setempat.

Walaupun akan mencatatkan sejarah sebagai presiden AS pertama yang bertemu langsung dengan pemimpin Korea Utara, Trump mengaku tidak memiliki persiapan khusus.

Meski demikian, tak sebatas soal persiapan, yang dibutuhkan untuk kelancaran pertemuan tersebut adalah sikap.

"Ini tentang sikap, keinginan untuk menyelesaikan sesuatu. Ini tentang melihat kemungkinan semuanya terjadi secara cepat," kata Trump dilansir AFP.

Presiden ke-45 AS itu turut menyadari proses denuklirisasi Semenanjung Korea yang menjadi isu utama dalam pertemuannya dengan Kim akan menjadi pembahasan yang alot.

"Tapi akan sangat menyenangkan jika semuanya dapat berjalan dengan mulus. Yang pasti, mereka (Korea Utara) harus melakukannya (denuklirisasi)."

"Semua bakal berlangsung baik. Saya harap semua berlangsung sesuai jalurnya. Jika sukses, maka dunia akan menjadi tempat yang indah untuk ditinggali," tambahnya.

Baca juga: Wilayah Udara Singapura Dibatasi selama Pertemuan Trump-Kim

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.