Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertahun-tahun Ganggu Seekor Buaya, Anjing Kecil Ini Akhirnya Dimangsa

Kompas.com - 08/06/2018, 06:36 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

ADELAIDE, KOMPAS.com - Pippa, seekor anjing jenis terrier berbulu cokelat keemasan, menjadi terkenal akibat aksinya yang berani mengganggu seekor buaya di tepi sungai di Australia.

Selama bertahun-tahun, anjing peliharaan milik Kai Hansen, seorang pria berusia 66 tahun, tersebut kerap menyalak dan menggigit ekor buaya air asin yang tinggal di tepian sungai.

Ketika diganggu oleh Pippa, buaya yang kemudian diberi nama Casey oleh warga sekitar itu selalu hanya menyingkir dan masuk ke dalam sungai.

Hingga pekan lalu, Casey si buaya akhirnya membalas dengan menggigit Pippa dan memangsanya. Demikian diberitakan The Independent.

Warga di sekitar kediaman Kai Hansen telah terbiasa melihat aksi anjing kecil itu yang berani mengganggu seekor buaya seberat 99 kilogram.

Baca juga: Seekor Anjing Jadi Bapak Angkat Sembilan Anak Bebek

Mereka menganggap wajar saat Pippa menyalak dan menakut-nakuti buaya itu tanpa khawatir akan ada sesuatu yang buruk menimpa si anjing.

Aksi Pippa yang "mengusir" Casey si buaya itu bahkan mengundang turis dan orang dari luar kota untuk datang dan melihat secara langsung.

Namun minggu lalu, warga yang ingin melihat aksi berani Pippa dibuat kaget dan berteriak ketakutan, saat buaya itu akhirnya membalas dan menerkam Pippa.

"Kejadian itu adalah sesuai yang sangat mungkin terjadi sewaktu-waktu," kata Kai Hansen, yang memiliki penginapan terpencil di pedalaman Darwin tenggara.

Hansen mengaku sedih atas kejadian yang menimpa anjing kesayangannya. Namun dia mengaku tidak menyalahkan Casey si buaya, yang bisa dikatakan turut dia pelihara dengan melemparkan daging ke tepian sungai untuk pakannya.

"Buaya itu tidak melakukan sesuatu yang salah, dia hanya melakukan apa yang dilakukan seekor buaya," ujar Hansen kepada ABC News.

Hansen bersama anjingnya pindah ke kawasan pedalaman Australia itu sekitar 15 tahun lalu dan mengelola penginapan.

Dia kerap memanggil anjing peliharaannya itu dengan panggilan "Si Pirang Bodoh" karena tindakannya yang berani mengganggu seekor buaya.

Aksi Pippa si anjing telah beberapa kali menjadi pembicaraan karena video yang direkam para tamu penginapan maupun turis yang datang.

Baca juga: Anjing Ini Selamatkan Anak yang Terjebak dalam Mesin Pengering Pakaian

Banyak pihak yang menyalahkan Hansen atas insiden yang menimpa Pippa dan melibatkan buaya tersebut.

Akan tetapi Hansen berdalih apa yang dilakukan dua hewan itu adalah hal yang alami.

"Ini adalah akhir kisah yang menyedihkan dan tentu hal itu menyakitkan bagi saya, tapi itu bukanlah sesuatu yang saya latih pada anjing saya. Dia melakukan hal dengan caranya sendiri," kata Hansen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com