Kompas.com - 08/06/2018, 03:30 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyebut salah satu rudal terkuat mereka bakal beroperasi pada 2019 mendatang.

Putin menyampaikannya dalam sesi tahunan tanya jawab dengan warga Rusia, seperti dilansir kantor berita TASS Kamis (7/6/2018).

Avangard, rudal hipersonik yang bisa melaju hingga 20 kali kecepatan suara, saat ini disebut telah memasuki tahap produksi dalam skala besar.

Baca juga: Putin Klaim Rusia Berhasil Luncurkan Rudal Balistik Supersonik

"Kami berencana untuk segera mengirimkannya ke Angkatan Bersenjata Rusia di 2019 nanti," ujar presiden yang sudah menjabat selama empat periode itu.

Rudal balistik antar-benua (ICBM) tersebut merupakan satu dari enam senjata strategis terbaru yang diperkenalkan Putin dalam pidato tahunan 1 Maret lalu.

Rudal tersebut diklaim bisa menghantam target manapun hanya dalam waktu 1,5 jam, dan mampu bermanuver dalam kecepatan tertinggi.

Kemampuan yang dimiliki Avangard membuatnya diklaim tidak bisa dihentikan oleh sistem pertahanan paling canggih di dunia ini.

"(Avangard) ini merupakan senjata terkuat. Saya tidak yakin ada negara yang bisa membangun rudal berkecepatan di atas Mach 20 dalam beberapa tahun mendatang," kata Putin.

Pemimpin berusia 65 tahun tersebut sempat berujar, Avangard bakal meledakkan targetnya laksana meteor ataupun bola api.

Rudal yang bisa diisi hulu ledak nuklir maupun konvensional itu telah menjalani dua kali uji coba pada 2016 yang lalu.

Halaman:
Sumber TASS


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.