Kompas.com - 07/06/2018, 14:33 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.comPulau Sentosa di Singapura akan menjadi lokasi pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada 12 Juni 2018.

Hotel Capella bintang lima di Pulau Sentosa terpilih untuk menyambut keduanya. Letaknya menjanjikan ketenangan di tengah hiruk-pikuk kota kosmopolitan.

Pulau Sentosa memang menawarkan pantai indah, hotel mewah, kasino, dan padang golf. Di balik glamornya, pulau tersebut memiliki masa lalu yang kelam.

Baca juga: Pertemuan Trump-Kim Jong Un Digelar di Hotel Pulau Sentosa

Dulunya, pulau itu bernama Pulau Belakang Mati dan digunakan sebagai lokasi tahanan bagi pasukan Inggris dan Australia selama Perang Dunia II.

Warga Singapura keturunan China yang melakukan perlawanan terhadap Jepang juga dieksekusi mati di sana.

Secara keseluruhan, ada sekitar 50.000 hingga 100.000 warga Singapura keturunan China yang meregang nyawa.

Pulau Berhala Reping di Pantai Sentosa merupakan lokasi utama eksekusi dilakukan. Kini, tempat itu menjadi padang golf Serapong.

Hingga 1972, nama Pulau Belakang Mati masih bertahan sampai akhirnya diganti oleh Pemerintah Singapura guna menjadikannya sebagai pulau resor.

Nama "Sentosa" diambil sebagai lambang dari perdamaian dan ketenangan.

Lebih dari tujuh dekade sejak Jepang menyerah, Sentosa sangat populer di kalangan turis karena pantai dan lokasi wisata lainnya yang menarik, seperti Universal Studios Singapore.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.