Kompas.com - 06/06/2018, 16:52 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Dua pesawat pembom strategis Amerika Serikat (AS) dilaporkan terbang di kawasan Laut China Selatan.

Pejabat militer anonim berkata, dua pembom B-52 Stratofortress itu terbang sekitar 32 kilometer dari Kepulauan Spratly yang menjadi kawasan sengketa.

Adapun juru bicara Pentagon mengonfirmasi, pesawat yang bisa mengangkut 32.000 kilogram bom itu dikerahkan dalam latihan rutin.

Letkol Chris Logan berujar, pesawat itu terbang dari Pangkalan Anderson di Guam menuju fasilitas angkatan laut milik Inggris di Diego Garcia.

Baca juga: Menhan AS Tuduh China Lakukan Intimidasi di Laut China Selatan

Komando Pasifik AS Keberadaan Pembom Berkelanjutan (CBP), kata Logan, bertujuan untuk menjaga militer AS berada dalam kondisi siap.

"Latihan ini sudah berlangsung sejak Maret 2004, dan kami melaksanakan latihan sesuai peraturan internasional," kata Logan dilansir CNN Selasa (6/6/2018).

Pesawat pembom itu berangkat dari Andersen Selasa (5/6/2018), kemudian menggelar latihan di Laut China Selatan, sebelum kembali ke Diego Garcia.

Latihan yang digelar militer AS terjadi setelah Menteri Pertahanan James Mattis berujar, China telah melakukan militerisasi di Laut China Selatan.

Dia menyebut Beijing membangun fasilitas militer seperti sistem rudal anti-kapal perang maupun pengacak jaringan di Spratly.

Spratly merupakan kepulauan yang tidak hanya diklaim oleh China, namun juga negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Taiwan.

Halaman:
Sumber CNN
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.