Kompas.com - 06/06/2018, 15:52 WIB
|

TEL AVIV, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman, Rabu (6/6/2018), mengecam timnas sepak bola Argentina yang membatalkan laga persahabatan dengan Israel di Jerusalem.

"Sangat memalukan kehormatan sepak bola Argentina tidak tahan dengan tekanan dari para pembenci Israel," ujar Lieberman lewat akun Twitternya.

Lieberman menambahkan,tujuan utama para penentang laga persahabatan itu adalah untuk menyerang hakl dasar Israel mempertahankan diri dan mencoba menghancurkan negeri itu.

"Kita tak boleh menyerah terhadap tekanan sebuah kelompok anti-semit," tambah Lieberman.

Baca juga: Laga Uji Coba Israel Vs Argentina Batal Digelar

Kedutaan besar Israel di Argentina awalnya mengumumkan "penundaan" laga yang seharusnya digelar pada Sabtu (9/6/2018) karena adanya ancaman terhadap sang bintang, Lionel Messi.

Laga pemanasan jelang Piala Dunia 2018 yang digelar di Jerusalem itu amat ditentang warga Palestina yang mengklaim sisi timur kota itu sebagai ibu kota Palestina.

Di sisi lain, pemerintah Israel menganggap seluruh wilayah kota tua itu, termasuk sisi timurnya, adalah ibu kota yang tak bisa dibagi.

Laga melawan Argentina ini digelar di tengah kritikan dunia terhadap langkah keras AD Israel menghadapi para pengunjuk rasa Palestina di perbatasan Jalur Gaza.

Sejak 30 Maret lalu, warga Gaza menggelar ujuk rasa menuntut agar Israel mengembalikan tanah Palestina yang direbutnya pada perang 1948 dan kini menjadi wilayah negeri Yahudi itu.

Akibat unjuk rasa berhari-hari itu, setidaknya 125 orang warga Palestina tewas ditembak tentara Israel.

Baca juga: Militer Israel Ungkap Penyelidikan Awal Kematian Perawat Palestina

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.