Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Argentina Batalkan Laga Persahabatan, Picu Kemarahan Menhan Israel

Kompas.com - 06/06/2018, 15:52 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

TEL AVIV, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman, Rabu (6/6/2018), mengecam timnas sepak bola Argentina yang membatalkan laga persahabatan dengan Israel di Jerusalem.

"Sangat memalukan kehormatan sepak bola Argentina tidak tahan dengan tekanan dari para pembenci Israel," ujar Lieberman lewat akun Twitternya.

Lieberman menambahkan,tujuan utama para penentang laga persahabatan itu adalah untuk menyerang hakl dasar Israel mempertahankan diri dan mencoba menghancurkan negeri itu.

"Kita tak boleh menyerah terhadap tekanan sebuah kelompok anti-semit," tambah Lieberman.

Baca juga: Laga Uji Coba Israel Vs Argentina Batal Digelar

Kedutaan besar Israel di Argentina awalnya mengumumkan "penundaan" laga yang seharusnya digelar pada Sabtu (9/6/2018) karena adanya ancaman terhadap sang bintang, Lionel Messi.

Laga pemanasan jelang Piala Dunia 2018 yang digelar di Jerusalem itu amat ditentang warga Palestina yang mengklaim sisi timur kota itu sebagai ibu kota Palestina.

Di sisi lain, pemerintah Israel menganggap seluruh wilayah kota tua itu, termasuk sisi timurnya, adalah ibu kota yang tak bisa dibagi.

Laga melawan Argentina ini digelar di tengah kritikan dunia terhadap langkah keras AD Israel menghadapi para pengunjuk rasa Palestina di perbatasan Jalur Gaza.

Sejak 30 Maret lalu, warga Gaza menggelar ujuk rasa menuntut agar Israel mengembalikan tanah Palestina yang direbutnya pada perang 1948 dan kini menjadi wilayah negeri Yahudi itu.

Akibat unjuk rasa berhari-hari itu, setidaknya 125 orang warga Palestina tewas ditembak tentara Israel.

Baca juga: Militer Israel Ungkap Penyelidikan Awal Kematian Perawat Palestina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com