Kompas.com - 06/06/2018, 14:20 WIB

KOMPAS.com - Dicabutnya larangan mengemudi bagi perempuan di Arab Saudi pada 24 Juni mendatang akan memberikan dampak positif, termasuk berkurangnya pengeluaran rumah tangga.

Dilansir dari Arab News, Rabu (6/6/2018), sosiolog sekaligus penulis buku Saudi Women: A Celebration of Success, Mona Salahuddin Al-Munanjjed, mengatakan keputusan tersebut akan memberikan perubahan besar pada level sosial dan ekonomi.

Perempuan Saudi dapat berbagi tanggung jawab dalam keluarga secara efektif. Misalnya, rumah tangga tak harus mempekerjakan pengemudi pria untuk mengantar ke berbagai tujuan.

Baca juga: Bersejarah, 10 Perempuan Dapat SIM dari Otoritas Arab Saudi

Para ibu juga bisa mengantar dan menjemput anak-anak mereka di sekolah. Dengan begitu, secara ekonomi akan mengurangi biaya untuk upah sopir keluarga.

"Uangnya bisa disimpan untuk keperluan rumah tangga lainnya," ucap Mona.

Menurut dia, perempuan Saudi kini bergabung dengan perkembangan abad 21 sehingga lebih otonom, independen, dan memiliki kebebasan pribadi.

Untuk mengawali reformasi kebijakan ini, Otoritas Arab Saudi telah menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi 10 perempuan pada awal pekan ini.

Para perempuan dari berbagai kota itu menukar SIM internasional mereka untuk memperoleh SIM dari Saudi.

Salah seorang perempuan yang menerima SIM, Rema Jawdat, tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya ketika mendapatkan SIM dari negaranya.

"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan, saya akan menyetir di kerajaan ini," katanya.

"Bagi saya, mengemudi itu mewakili pilihan, yaitu pilihan untuk bergerak independen. Sekarang kami memiliki opsi itu," imbuhnya.

Baca juga: Mulai Tahun Ini, Perempuan Saudi Bisa Menjadi Pemandu Wisata

Jawdat merupakan seorang pejabat di kementerian ekonomi dan perencanaan yang memiliki pengalaman menyetir di Lebanon dan Swiss.

Perempuan lainnya kebanyakan memiliki SIM yang diberikan oleh negara lain, termasuk Inggris dan Kanada. Sebelum mendapatkan SIM dari otoritas Saudi, mereka tetap harus melewati ujian mengemudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Arab News
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.