Kompas.com - 06/06/2018, 13:47 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi Anda yang merasakan kehidupan pada era 1970 hingga 1980-an kemungkinan mengetahui rasanya menonton film layar lebar sambil duduk di dalam mobil di bioskop drive-in.

Artinya, pengunjung bisa menonton film sambil membawa mobilnya. Di masa ini Indonesia pernah memiliki satu bioskop drive-in yaitu di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.

Namun, di dunia bioskop drive-in pertama dibuka pada 6 Juni 1933 di Crescent Boulevard, Camden, New Jersey, Amerika Serikat.

Ide di belakang nonton film di dalam mobil ini berasal dari otak Richard Hollingshead, seorang pecinta film dan manajer pemasaran di Whiz Auto Products, perusahaan milik sang ayah.

Baca juga: Rp 15.000, Harga Tiket Bioskop Rakyat di Pasar-pasar

Ide Richard itu muncul saat melihat ibunya kesulitan duduk nyaman di kursi bioskop konvensional.

Richard kemudian mewujudkan ide ini dengan melakukan uji coba di kediamannya sendiri dengan menggunakan berbagai jenis proyektor dan sound system yang tersedia di masa itu.

Dia awalnya menggunakan proyektor Kodak produksi 1928 yang dipasang di kap mesin mobilnya, membentangkan layar di antara dua pohon, dan menempatkan radio di belakang layar untuk menghasilkan suara.

Dia juga melakukan uji coba memutar film di saat hujan atau kondisi cuaca lainnya serta mengatur jumlah ideal mobil yang bisa ditampung agar semua penonton bisa menyaksikan film tanpa gangguan.

Pengusaha muda ini kemudian mendapatkan hak paten konsep ini pada Mei 1933 dan membuka Park-In Theaters, Inc kurang dari satu bulan sesudahnya.

Richard membuka bioskop drive-in pertamanya itu dengan  modal awal 30.000 dolar AS. Dia menyebut tempat itu sebagai sarana hiburan keluarga dengan  tarif  25 sen per mobil dan 25 sen per orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.