Kompas.com - 06/06/2018, 03:24 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) mengumumkan lokasi pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un di Singapura 12 Juni mendatang.

Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders berkicau di Twitter, pertemuan itu bakal dilaksanakan di Hotel Capella yang terletak di Pulau Sentosa.

"Kami berterima kasih kepada Singapura yang sudah menunjukkan keramahtamahan sebagai tuan rumah," kata Sanders dilansir AFP Selasa (5/6/2018).

Baca juga: Inilah Hotel Calon Lokasi Pertemuan Trump dan Kim di Singapura

Hotel bintang lima yang terletak di sudut Pulau Sentosa itu diperbincangkan setelah berlangsung pertemuan delegasi AS dan Korut di sana.

Delegasi AS dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Gedung Putih Joe Hagin. Adapun Pyongyang mengirim Kepala Staf de facto Kim Chang Son.

Hotel bintang lima dengan 111 kamar tersebut berada di sudut Pulau Sentosa, dan berjarak beberapa menit dari Central Business District menggunakan mobil.

Pejabat AS anonim yang masuk ke dalam tim persiapan berkata, Hotel Capella dipilih lantaran hanya mempunyai satu akses jalanan sehingga mempermudah pengamanan.

Hotel Capella Singapura di Pulau Sentosa yang bergaya kolonial terlihat dari luar hotel KOMPAS.com/ ERICSSEN Hotel Capella Singapura di Pulau Sentosa yang bergaya kolonial terlihat dari luar hotel

Cukup dengan menutup akses jalanan itu, maka tidak ada lagi akses lain menuju hotel yang dikelilingi hijaunya hutan hujan tropis tersebut.

Keputusan Gedung Putih berselang beberapa jam setelah Pemerintah Singapura memasukkan kawasan sekitar Hotel Capella sebagai "area khusus".

Dalam Pemberitahuan Publik di Government Gazette, area sekitar hotel bakal ditutup sejak 10 hingga 14 Juni pekan depan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.