Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertemuan Trump-Kim Jong Un Digelar di Hotel Pulau Sentosa

Kompas.com - 06/06/2018, 03:24 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) mengumumkan lokasi pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un di Singapura 12 Juni mendatang.

Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders berkicau di Twitter, pertemuan itu bakal dilaksanakan di Hotel Capella yang terletak di Pulau Sentosa.

"Kami berterima kasih kepada Singapura yang sudah menunjukkan keramahtamahan sebagai tuan rumah," kata Sanders dilansir AFP Selasa (5/6/2018).

Baca juga: Inilah Hotel Calon Lokasi Pertemuan Trump dan Kim di Singapura

Hotel bintang lima yang terletak di sudut Pulau Sentosa itu diperbincangkan setelah berlangsung pertemuan delegasi AS dan Korut di sana.

Delegasi AS dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Gedung Putih Joe Hagin. Adapun Pyongyang mengirim Kepala Staf de facto Kim Chang Son.

Hotel bintang lima dengan 111 kamar tersebut berada di sudut Pulau Sentosa, dan berjarak beberapa menit dari Central Business District menggunakan mobil.

Pejabat AS anonim yang masuk ke dalam tim persiapan berkata, Hotel Capella dipilih lantaran hanya mempunyai satu akses jalanan sehingga mempermudah pengamanan.

Hotel Capella Singapura di Pulau Sentosa yang bergaya kolonial terlihat dari luar hotel KOMPAS.com/ ERICSSEN Hotel Capella Singapura di Pulau Sentosa yang bergaya kolonial terlihat dari luar hotel

Cukup dengan menutup akses jalanan itu, maka tidak ada lagi akses lain menuju hotel yang dikelilingi hijaunya hutan hujan tropis tersebut.

Keputusan Gedung Putih berselang beberapa jam setelah Pemerintah Singapura memasukkan kawasan sekitar Hotel Capella sebagai "area khusus".

Dalam Pemberitahuan Publik di Government Gazette, area sekitar hotel bakal ditutup sejak 10 hingga 14 Juni pekan depan.

Selama penutupan, polisi bakal melarang spanduk, bendera, peluru suar, bahan mudah terbakar, hingga drone masuk ke sana.

Baik AS dan Korut menggelar persiapan sejak pekan sebelumnya setelah Trump mengumumkan bahwa pertemuannya dengan Kim bakal tetap digelar pada 12 Juni.

Keputusan itu diambil setelah dia menerima kunjungan pejabat senior Korut, Kim Yong Chol, di Gedung Putih pekan lalu (1/6/2018).

Sebelumnya Trump sempat membatalkan pertemuan karena dia menganggap Korut menunjukkan sikap tidak bersahabat pada pekan terdahulu.

Antara lain, Korut menyebut Wakil Presiden Mike Pence bodoh karena berkata Korut bisa berakhir seperti Libya jika tak melakukan denuklirisasi.

Baca juga: Singapura Mulai Amankan Hotel Calon Lokasi Pertemuan Trump-Kim

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com