Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Mulai Amankan Hotel Calon Lokasi Pertemuan Trump-Kim

Kompas.com - 04/06/2018, 20:56 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pemerintah Singapura mulai melakukan pengamanan kawasan sekitar hotel yang menjadi calon lokasi pertemuan Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut).

Diwartakan Channel News Asia Senin (4/6/2018), dalam Government Gazette, kawasan sekitar Hotel Shangri-La ditutup pada 10-14 Juni.

Kawasan yang meliputi Dunearn Road, Paterson Road, Grange Road, dan Cluny Road ditetapkan sebagai "kawasan acara khusus".

Baca juga: Inilah Hotel Calon Lokasi Pertemuan Trump dan Kim di Singapura

Dalam keterangannya, Sekretaris Dalam Negeri Pang Kin Keong berujar penutupan empat hari tidak semata karena pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong Un saja.

"Sebelumnya, bakal dilakukan dialog antara perwakilan AS dan Korut serta segala aktivitas yang berhubungan dengan pertemuan," kata Pang.

Komisaris Polisi Hoong Wee Teck berkata, area yang lebih kecil di dalam kawasan tersebut telah ditetapkan sebagai "kawasan khusus".

Di kawasan khusus itu, polisi bakal melakukan inspeksi yang sangat ketat terhadap kendaraan dan warga yang tinggal di sana.

Barang-barang yang dilarang berada di area tersebut antara lain bendera, spanduk, suar, dan bahan-bahan yang mudah terbakar.

Shangri-La menjadi salah satu dari tiga hotel yang diyakini bakal menjadi tempat pertemuan Trump dan Kim 12 Juni nanti.

Dua hotel lainnya adalah The Fullerton di Marina Bay, dan Capella yang terletak di Pulau Sentosa.

Shangri-La tidak asing dengan perhelatan acara level internasional. Pada 1-3 Juni lalu, hotel bintang lima itu menjadi tuan rumah Shangri-La Dialogue.

Shangri-La Dialogue merupakan konferensi keamanan tahunan yang dihadiri oleh para menteri pertahanan dari seluruh dunia.

Sebelumnya, Trump telah mengumumkan bahwa pertemuannya dengan Kim bakal mengikuti jadwal 12 Juni pekan depan.

Keputusan itu dibuat setelah dia bertemu pejabat senior Korut sekaligus orang kepercayaan Kim, Kim Yong Chol, di Gedung Putih Jumat (1/6/2018).

Baca juga: Singapura Bakal Menanggung Biaya Keamanan Pertemuan Trump-Kim

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com