Kompas.com - 02/06/2018, 11:58 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bertemu dengan pejabat Korea Utara (Korut) di Gedung Putih Jumat (1/6/2018).

Dilaporkan CNN, Jenderal Kim Yong Chol, tangan kanan Pemimpin Korut Kim Jong Un, bertemu selama sekitar satu jam dengan Trump di Ruang Oval.

Dalam pertemuan tersebut, perwira 72 tahun yang pernah menjabat sebagai kepala dinas rahasia Korut itu menyerahkan amplop raksasa kepada Trump.

Amplop tersebut diyakini berisi surat dari Kim Jong Un kepada Trump. "Oh, apakah Anda ingin melihat isi dari amplop tersebut?" tanya dia kepada jurnalis.

Baca juga: Survei: Rakyat Korsel Mulai Mengidolakan Trump dan Kim Jong Un

Ketika awak media menanyakan, presiden 71 tahun tersebut berujar surat itu sangat bagus. "Namun, saya belum sempat membacanya," lanjutnya.

Dalam pertemuan itu, Trump mengumumkan bahwa pertemuannya dengan Kim bakal tetap dilaksanakan pada 12 Juni mendatang di Singapura.

Kesepakatan dengan Korut, dalam pandangan Trump, masih terus berproses. Namun, dia yakin perjanjian yang dihasilkan bakal positif.

Dia menyebut kesepakatan soal denuklirisasi Korut dan pengumuman akhir dari Perang Korea 1950-1953 bakal ada dalam agenda pertemuan Trump-Kim.

"Anda bisa melihat, hubungan yang antar-kedua negara sedang dibangun, dan saya melihat sangat positif," tutur Trump.

Sebelumnya, Trump pada pekan lalu sempat mengumumkan pembatalan pertemuan dengan Kim. Dalam suratnya, dia menyebut sikap tak bersahabat Korut sebagai alasan utama.

Halaman:
Sumber CNN


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.