Kompas.com - 01/06/2018, 23:59 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un di Singapura 12 Juni nanti masih belum diketahui kepastiannya.

Meski begitu, rakyat Korea Selatan (Korsel) mulai mengidolakan dua pemimpin yang sempat perang komentar sepanjang 2017 tersebut.

Itu yang terlihat dari hasil survei Gallup Korea kepada 1.002 responden berusia di atas 19 tahun, seperti dilansir Washington Post Jumat (1/6/2018).

Baca juga: Media Korea Utara: Kim Jong Un Tegaskan Tetap akan Lakukan Denuklirisasi

Dalam survei itu, tingkat penerimaan warga Korsel kepada Trumpa pada 2018 ini adalah 32 persen berbanding hanya sembilan persen yang diterimanya tahun lalu.

Adapun tingkat penerimaan kepada Kim 21 persen dibanding 10 persen pada 2017 menurut survei yang digelar pada 29-31 Mei tersebut.

Pakar jajak pendapat dari Universitas Nasional Seoul, Kang Won Taek, menyebut penerimaan rakyat Korsel kepada Trump merupakan sesuatu yang langka.

Sebab, ketika dilantik pada Januari 2017, banyak rakyat Korsel yang skeptis dengan kebijakan luar negeri presiden 71 tahun itu.

"Trump adalah Presiden AS paling tidak populer di Korsel. Namun, kini dia berhasil mengubah situasinya," beber Kang.

Dalam analisis Kang, presiden ke-45 dalam sejarah Negeri "Paman Sam" tersebut diterima baik dari kalangan konservatif maupun liberal.

Konservatif memuji Trump lantaran dia selalu memberikan tekanan maksimal kepada Korut yang berhasil memaksa mereka menggelar perundingan.

Baca juga: Trump: Pejabat Korut Bakal Serahkan Surat dari Kim Jong Un Jumat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.