Kompas.com - 01/06/2018, 12:35 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berkata dia tengah menantikan surat dari Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Dilansir Yonhap Kamis (31/5/2018), dia mengatakan pertemuan antara pejabat Korut, Jenderal Kim Yong Chol, dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berjalan positif.

"Saya ingin pertemuan ini berarti. Bukan berarti proses denuklirisasi bakal terjadi dalam satu hari. Namun, sejauh ini persiapannya sangat positif," kata Trump.

Baca juga: Trump Sebut Tangan Kanan Kim Jong Un Bakal Bertandang ke AS

Presiden 71 tahun itu menerangkan, dia yakin Kim Yong Chol bakal membawa surat dari Kim Jong Un ke Washington Jumat (1/6/2018).

Presiden ke-45 dalam sejarah AS itu mengaku tidak tahu apa isi surat dari pemimpin yang berkuasa sejak 2011 tersebut.

"Namun, saya pikir isinya sangat positif. Jadi, saya berkeinginan untuk melihat surat yang mereka klaim sangat penting itu," ujar dia.

AS dan Korut melakukan pertemuan dalam tiga pekan ke depan setelah Trump mengumumkan pertemuannya dengan Kim masih bisa terlaksana di Singapura 12 Juni nanti.

Dia sempat membatalkan pertemuan itu setelah melihat sikap tak bersahabat yang ditunjukkan Pyongyang pekan sebelumnya.

Dialog persiapan antara delegasi AS dan Korut terjadi di tiga tempat; zona demiliterisasi Panmunjom di Korea Selatan (Korsel), New York, dan Singapura.

Di New York, Pompeo dan Kim Yong Chol yang notabene mantan kepala dinas rahasia Korut membahas jadwal melakukan denuklirisasi.

Materi yang sama juga terjadi di Panmunjom. Adapun di Singapura, delegasi kedua negara membahas logistik hingga pengamanan.

Baca juga: Presiden Korsel Kemungkinan Ikut dalam Pertemuan Trump-Kim Jong Un

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Yonhap


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.