Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembaki Mobil Migran, Polisi Kroasia Lukai Dua Anak-anak

Kompas.com - 31/05/2018, 22:49 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

ZAGREB, KOMPAS.com - Polisi Kroasia dilaporkan menyebabkan dua anak-anak asal Iran dan Afghanistan terluka, setelah melepaskan tembakan ke arah mobil yang mengangkut migran ilegal.

Insiden tersebut terjadi pada Kamis (31/5/2018), sekitar pukul 10 malam, saat sebuah mobil pengungsi nekat menerobos perbatasan dari wilayah Bosnia.

Disampaikan juru bicara kepolisian, Elis Zodan, polisi melepaskan tembakan setelah pengemudi mobil menolak menghentikan laju kendaraannya.

Akibat tembakan polisi tersebut, dua anak-anak yang masih berusia 12 tahun, mengalami luka. Sementara dari dalam mobil polisi mendapati 29 migran ilegal.

Baca juga: Penjahat Perang Bosnia-Kroasia Tewas Minum Sianida

"Petugas telah dua kali memerintahkan pengemudi untuk menghentikan mobilnya, namun dia tetap melaju ke arah polisi, selanjutnya petugas melepaskan tembakan," kata juru bicara dilansir AFP.

Mobil yang membawa para pengungsi terdaftar dengan plat Austria. Sementara pengemudi mobil melarikan diri ke dalam hutan dan masih dalam pencarian polisi.

Kedua anak yang menjadi korban luka langsung dibawa ke rumah sakit di dekat  pesisir kota Zadar. Keduanya dilaporkan dalam kondisi stabil dan nyawanya tidak terancam.

Di antara para migran yang diamankan petugas tersebut, 15 di antaranya merupakan anak-anak, termasuk dua yang terluka.

"Migran yang diamankan sebanyak 29 orang, termasuk 15 anak-anak. Kebanyakan mereka datang dari Irak dan Afghanistan dan berasal dari beberapa keluarga," kata juru bicara.

Kroasia, negara anggota Uni Eropa, terletak pada rute Balkan yang digunakan pada 2015 dan 2016 oleh ratusan ribu migran yang melarikan diri dari perang dan kemiskinan di Timur Tengah, Asia dan Afrika.

Rute ditutup pada Maret 2016 tetapi tetap ada sedikit orang yang berupaya menyeberangi wilayah untuk mencapai Uni Eropa. Rute baru melalui Bosnia telah dibuka sejak awal tahun ini.

Baca juga: Ribuan Migran Telantar Kedinginan di Antara Kroasia-Serbia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com