Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang dari 24 Jam, Donasi Tabungan Harapan Malaysia Terkumpul Rp 24 Miliar

Kompas.com - 31/05/2018, 17:05 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

PUTRAJAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Malaysia telah resmi membuka rekening donasi, Tabungan Harapan Malaysia atau Hope Fund, pada Rabu (30/5/2018).

Rekening tersebut dibuka untuk menerima sumbangan dari warga Malaysia yang ingin membantu melunasi utang negara sebesar 1 triliun ringgit atau sekitar Rp 3.500 triliun.

Hanya dalam kurun waktu 24 jam setelah resmi dibuka, donasi yang terkumpul dalam Tabungan Harapan Malaysia telah mencapai lebih dari 7 juta ringgit atau sekitar Rp 24 miliar, pada Kamis (31/5/2018) sore, pukul 15.00 waktu setempat.

"Ini benar-benar pencapaian yang luar biasa," kata Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng, dalam pernyataan tertulis yang mengumumkan penghitungan sumbangan sementara dilansir Channel News Asia.

Baca juga: Mahathir Bakal Buka Donasi untuk Bantu Lunasi Utang Rp 3.500 Triliun

"Sesungguhnya, warga Malaysia telah membawa sikap patriotisme mereka ke tingkat yang lebih tinggi, dengan bersedia menyisihkan uang mereka untuk membangun kembali negeri yang kita semua cintai," tambahnya.

Disampaikan Lim, Kementerian Keuangan merasa malu dengan kemurahan hati warga Malaysia.

Juga atas aksi aktivis muda, Nik Shazarina Bakti yang telah lebih dulu menggalang donasi melalui situs online, GoGetFunding.

Hal itu diakui telah menginspirasi pemerintah dalam menyiapkan Tabungan Harapan Malaysia seminggu kemudian.

"Semangat harapan dan persatuan inilah yang akan mendorong pemerintah Pakatan Harapan dalam melangkah maju untuk memenuhi semua janji untuk rakyat," kata Lim.

Dalam pernyataannya, Lim kembali menegaskan komitmen pemerintah untuk transparan dengan setiap sen dana yang diterima.

Jumlah dana yang dikumpulkan juga akan diperbarui setiap hari di situs dan akun media sosial resmi kementerian keuangan.

Baca juga: Warga Malaysia Galang Donasi Bantu Lunasi Utang Negara Rp 3.500 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com