Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Pencarian MH370 Belum Sepenuhnya Berakhir

Kompas.com - 31/05/2018, 16:08 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Upaya pencarian untuk pesawat milik maskapai Malaysia Airlines, MH370, belum sepenuhnya dihentikan.

Kendati Pemerintah Malaysia telah mengumumkan penghentian proses pencarian, perusahaan yang menjalankan misi pencarian menyatakan sebaliknya.

Ocean Infinity, perusahaan eksplorasi bawah laut yang kembali menjalankan misi pencarian setelah sempat dihentikan pada Januari tahun lalu, mengatakan masih akan mendatangi satu lokasi terakhir sebelum benar-benar menghentikan misi.

Laporan The Guardian yang dilansir SCMP mengungkapkan, kapal pencarian telah berlayar menuju satu titik di Samudera Hindia Selatan.

Baca juga: Mahathir: Pencarian MH370 Akan Berlanjut jika Bukti Baru Ditemukan

Di lokasi tersebut, kapal patroli China melaporkan sempat mendeteksi sebuah gelombang ultrasonik yang mungkin sama dengan yang dipancarkan kotak hitam pada 2014.

Analisis pergerakan kapal pencarian menujukkan masih dilakukannya pantauan dan penarikan kembali kapal selam pendeteksi pada Kamis (31/5/2018) pagi waktu setempat.

Juru bicara Ocean Infinity mengonfirmasi bahwa perusahaan mendapat laporan terkait sinyal yang diduga kotak hitam dari empat tahun lalu.

"Kami akan menuju ke lokasi tersebut dan memeriksanya sendiri sebelum kembali ke pelabuhan dan mengakhiri misi pencarian," ujar juru bicara.

Pemerintah Malaysia pada awal pekan kemarin telah mengumumkan bahwa perjanjian pencarian MH370 dengan Ocean Infinity telah berakhir dan tidak akan diperpanjang.

Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke mengatakan, perusahaan yang bermarkas di AS itu sempat meminta perpanjangan untuk membuat kesimpulan pencarian.

Kesepakatan antara Pemerintah Malaysia dengan Ocean Infinity dibuat dengan dasar "no find, no fee", di mana mereka baru akan menerima pembayaran jika mampu menemukan lokasi jatuhnya pesawat, sebaliknya tidak menerima pembayaran sepeser pun jika tidak menemukannya.

Setelah melakukan pencarian secara luas selama lima bulan terakhir, Ocean Infinity mengakui kegagalan mereka.

"Dengan berat hati kami mengakhiri pencarian saat ini tanpa mencapai tujuan," kata Kepala Eksekutif Ocean Infinity Oliver Plunkett.

Meski demikian, sebagai upaya terakhir, kapal pencarian akan melanjutkan setidaknya dua hari ke depan untuk menyisir satu lokasi terakhir.

Baca juga: Australia Bantah Spekulasi Pilot MH370 Sengaja Jatuhkan Pesawat

Menteri Loke mengatakan pada Rabu (30/5/2018), untuk misi pencarian MH370 tersebut telah menghabiskan biaya 126 juta dollar AS (sekitar Rp 1,7 triliun) dan Ocean Infinity akan merilis laporan lengkapnya pada Juli mendatang.

"Tentu kami berharap dapat menemukan jawaban yang kami cari dan informasi baru akan terungkap dan pada suatu ketika di masa depan lokasi pesawat dapat diketahui."

"Kami tetap teguh dalam komitmen kami untuk memecahkan misteri MH370," kata Loke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com