Kompas.com - 31/05/2018, 09:23 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo memperingatkan Rusia agar tidak ikut campur dalam urusan politik dalam negeri AS.

Peringatan itu disampaikan Pompeo kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov melalui sambungan telepon pada Rabu (30/5/2018).

Hubungan AS dan Rusia semakin bersitegang setelah menutup misi diplomatik, dan intervensi Rusia di Suriah serta Ukraina.

Baca juga: Pejabat Tinggi Korea Utara Bertemu Menlu AS di New York

Pompeo ingin memperbaiki hubungan dengan Rusia. Namun, untuk mencapainya, dia meminta pemerintahan Presiden Vladimir Putin tidak mencampuri urusan dalam negeri AS.

"Keduanya membicarakan isu dan perhatian terkait hubungan bilateral, Ukraina, dan Suriah," kata juru bicara Pompeo, Heather Nauert.

Di Moskwa, Lavrov mengatakan, sambungan telepon tersebut diatur atas permintaan AS dan keduanya siap untuk mengatasi perselisihan melalui dialog yang profesional.

Pembicaraan antara Pompeo dan Lavrov dilakukan sehari setelah duta besar AS untuk PBB Nikki Haley, mengecam Rusia yang telah bertindak keterlaluan di Ukraina.

Dia menyerukan agar Rusia mengembalikan kendali atas Crimea ke pemerintah Ukraina.

"Sampai Rusia mengakhiri tindakannya yang memalukan di Ukraina, posisi AS tidak akan goyah," katanya.

Baca juga: Besok, Menteri Luar Negeri Rusia Penuhi Undangan ke Korea Utara

"Kami mengutuk keras keterlibatan Rusia di Ukraina timur dan aneksasi nyatanya atas Krimea," ucapnya dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB.

Sementara itu, jelang KTT antara AS dan Korea Utara pada 12 Juni mendatang, Rusia mengumumkan bahwa Lavrov akan mengunjungi Korea Utara pada Kamis (31/5/2018).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP,TheHill
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.