Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahathir Bakal Buka Donasi untuk Bantu Lunasi Utang Rp 3.500 Triliun

Kompas.com - 30/05/2018, 21:49 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menyatakan, dia bakal membuka rekening Tabungan Harapan Malaysia atau Hope Fund.

Donasi tersebut, bakal digunakan untuk membantu membayar utang negara 1 triliun ringgit, sekitar Rp 3.500 triliun.

Penyataan tersebut disampaikan Mahathir dalam konferensi pers selepas memimpin rapat kabinet mingguan, seperti dilansir Channel News Asia Rabu (30/5/2018).

Baca juga: Warga Malaysia Galang Donasi Bantu Lunasi Utang Negara Rp 3.500 Triliun

Dia berkata, wacana itu digulirkan setelah kabar adanya donasi yang dilakukan seorang warga bernama Nik Shazarina Bakti membuka donasi dengan nama Please Help Malaysia.

Penggalangan donasi di situs GoGetFunding sejak pekan lalu itu telah memperoleh dana hingga 3.500 dolar Amerika Serikat, atau Rp 48,8 juta.

Hingga penutupan pada 21 Juli mendatang, kampanye tersebut menargetkan bisa mendapatkan dana hingga 100.000 dolar AS, atau 1,4 miliar.

"Banyak warga Malaysia yang setelah mendengar kondisi utang negara berniat membuka donasi. Kami menyambut langkah patriotik mereka," kata Mahathir.

PM 92 tahun itu melanjutkan, nomor rekening bagi yang ingin menyumbang bakal diumumkan, dengan seluruh dana donasi akan diserahkan ke Kementerian Keuangan Malaysia.

Sebelumnya, Mahathir mengumumkan Malaysia mempunyai utang Rp 3.500 triliun yang merupakan 80 persen dari Produk Domestik Bruto (GDP) mereka.

PM yang pernah menjabat pada 1981-2003 itu kemudian melakukan serangkaian evaluasi proyek-proyek yang dianggap tidak menghasilkan keuntungan.

Salah satunya adalah proyek pembangunan kereta cepat yang menghubungkan Kuala Lumpur dengan Singapura, dan ditandatangani pada 2016.

Baca juga: Utang Malaysia Rp 3.500 Triliun Jadi Pekerjaan Besar bagi Mahathir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com