Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Malaysia Bantah Klaim Penarikan Semua Pengawal Pribadi Najib

Kompas.com - 30/05/2018, 09:38 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Kepolisian Malaysia membantah klaim dari mantan perdana menteri Najib Razak yang menyatakan semua pasukan keamanan yang ditugaskan untuk mengawalnya telah ditarik.

Inspektur Umum Polisi Mohamad Fuzi Harun mengatakan pada Selasa (29/5/2017), kepolisian tidak menarik seluruh pengawal pribadi Najib, melainkan hanya dikurangi beberapa.

"Setiap mantan perdana menteri masih memiliki jatah tertentu, tapi kjumlah anggota yang bertugas tidak akan sama dengan sebelumnya," katanya.

Baca juga: Hitung Uang Rp 405 Miliar dari Najib Butuh Waktu 3 Hari dan 22 Petugas

"Namun, personel seperti Aide De Camp (ADC), pengemudi, dan pengawal pribadi masih ditugaskan untuk menjaga keselamatan Najib dan istrinya, Datin Seri Rosmah Mansor," ucapnya.

Sebelumnya, dalam unggahan di Facebook, Najib mengeluarkan pernyataan klaim tentang petugas keamanan, petugas polisi dan pengawal yang ditugaskan kepadanya telah ditarik oleh pemerintah baru, kecuali ADC.

"Hari ini, saya memberi hormat dan mengucapkan selamat tinggal kepada pengawal saya, tim Satuan Aksi Khusus, pengawal dan petugas polisi, yang ditugaskan untuk memberikan keamanan dan bantuan kepada saya dan keluarga, di Kantor Perdana Menteri serta kediaman resmi, Seri Perdana," tulisnya.

Najib mengatakan, dia dan keluarganya tidak akan melupakan layanan, persahabatan dan kesetiaan mereka selama 9 tahun terakhir.

Beberapa pengawal juga telah melayani Najib selama 14 tahun, sejak dia masih menjabat sebagai wakil perdana menteri.

"Saya juga meminta pemerintah baru untuk mengurus kesejahteraan mereka," tulisnya.

Baca juga: Selidiki Korupsi Najib Razak, Polisi Sita Uang Tunai Rp 405 Miliar

"Mereka merupakan anggota dan pejabat berdedikasi yang akan melayani pemerintah saat ini dengan kesetiaan penuh," kata Najib.

Dalam foto yang diunggah Najib, terlihat dia memberi penghormatan kepada barisan pasukan pengawal pribadinya. Tak lupa, dia juga memeluk mereka sebagai tanda perpisahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com