Kompas.com - 29/05/2018, 18:10 WIB
|

GAZA CITY, KOMPAS.com - Palestina meluncurkan sejumlah kapal daeri Jalur Gaza, Selasa (29/5/2018), untuk memprotes blokade yang dilakukan Israel.

Langkah ini diperkirakan bakal meningkatkan ketegangan di kawasan itu menyusul penembakan mortir ke wilayah Israel di hari yang sama.

Satu kapal utama yang membawa 20 orang didampingi sejumlah kapal berukuran lebih kecil meninggalkan pelabuhan nelayan Gaza City.

Namun, muncul sejumlah pernyataan berbeda terkait tujuan aksi ini.

Baca juga: Turki Sebut AS Turut Bertanggung Jawab Atas Bentrok di Jalur Gaza

Sebagian penyelenggara mengatakan, aksi ini adalah upaya menjebol blokade laut yang diberlakukan Israel. Saat ini nelayan Gaza hanya boleh melaut dalam jarak maksimal 16 kilometer dari pantai.

Sementara, sebagian orang lainnya mengatakan, aksi ini hanya sekadar protes sedangkan para peserta ingin mereka berlayar melampaui batas yang ditetapkan Israel.

Sejauh ini belum diketahui respon militer Israel terkait masalah ini. Pihak militer Israel juga belum memberikan komentar.

Sebelumnya, AD Israel mengatakan, setidaknya 25 peluru mortir ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel, meski sebagian besar bisa dirontokkan sistem pertahanan Iron Dome.

Satu peluru jatuh di dekat sebuah taman kanak-kanak. Beruntung tak ada anak-anak di tempat itu saat peluru mortar jatuh.

Baca juga: Bentrokan di Jalur Gaza, 37 Orang Palestina Tewas, 1.700 Terluka

Serangan itu adalah yang terbesar yang pernah dilakukan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel sejak Perang 2014.

Akibat serangan itu, PM Israel Benyamin Netanyahu berjanji akan melakukan pembalasan.

Sudah lebih dari satu dekade Jalur Gaza mengalami blokade. Israel mengatakan, blokade harus dilakukan agar Hamas tak bisa memperoleh pasokan senjata untuk menyerang Israel.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.