Kompas.com - 29/05/2018, 15:52 WIB
|

PYONGYANG, KOMPAS.com - Seorang pembantu dekat pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di Singapura, Senin (25/5/2018) malam. Demikian dikabarkan lembaga penyiaran publik Jepang, NHK.

Kedatangan utusan khusus Korea Utara ini merupakan indikasi terbaru bahwa pertemuan Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump masih dapat terlaksana.

Kim Chang Son, kepala staf pemerintahan Korea Utara, terbang ke Singapura lewat Beijing. Demikian laporan NHK, Selasa (29/5/2018).

"Saya pergi ke Singapura untuk bermain," kata Kim Chang Son saat dicegat jurnalis di bandara Beijing.

Baca juga: Tekanan Menyelimuti Persiapan Pertemuan Trump-Kim Jong Un

Di saat yang sama, sebuah tim pemerintah AS, termasuk wakil kepala staf operasi Gedung Putih Joe Hagin meninggalkan pangkalan AU Yokota, Jepang untuk menuju ke Singapura.

Gedung Putih mengatakan, sebuah tim "pembuka" sudah berangkat ke Singapura untuk bertemu dengan delegasi Korea Utara.

Sementara itu, wakil ketua Komite Sentral Partai Pekerja Korea, Kim Yong Chol dijadwalkan terbang ke Amerika Serikat pada Rabu (30/5/2018) setelah menggelar pertemuan dengan para pejabat China di Beijing.

Sementara itu, kantor berita Korea Selatan Yonhap mengatakan, seorang pejabat kemenlu Korea Utara yang banyak terlibat dalam isu Amerika, Choe Kang Il, juga terlihat di bandara internasional Beijing.

Namun, Yonhap tidak menjelaskan apakah Choe Kang Il berada di bandara Beijing untuk menemani Kim Yong Chol ke Singapura.

Sejumlah laporan menyebut, jadwal pertemuan bersejarah, yanga awalnya direncanakan pada 12 Juni, telah diubah setelah Trump membatalkannya pekan lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.