Kompas.com - 29/05/2018, 15:04 WIB
|

TEL AVIV, KOMPAS.com - Sejumlah peluru mortir ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Selatan Israel, Selasa (29/5/2018). Demikian disampaikan militer Israel.

Angkatan darat Israel menyebut 25 peluru mortir ditembakkan ke sejumlah titik di wilayah negeri itu.

"Sebagian besar peluru itu bisa dicegat sistem pertahanaan Iron Dome," tambah AD Israel.

Polisi menyebut, sejumlah peluru mortir yang lolos dari pencegatan mendarat di wilayah Israel tetapi tidak menimbulkan korban.

Baca juga: Kekerasan di Gaza, Presiden Turki Bandingkan Israel dengan Nazi

Pada Senin (28/5/2018), seorang warga Palestina yang mendekati pagar perbatasan yang disebut berniat melakukan serangan tewas ditembak oleh sebuah tank.

Sehari sebelumnya, sebuah tank Israel menembak sebuah pos pengamat Jihan Islam sebagai balasan setelah kelompok itu dituduh menaruh bahan peledak di perbatasan Israel.

Tiga anggota Jihad Islam tewas dalam insiden penembakan pos pengintaian itu. Alhasil, media Israel menyebut serangan mortar itu adalah respon Jihad Islam.

Setidaknya 121 warga Palestina tewas dalam beberapa pekan terakhir menyusul serangkaian unjuk rasa sejak 30 Maret.

Saat itu rakyat Palestina menyeru agar Israel mengembalikan wilayah negeri itu yang dianeksasi Israel.

Baca juga: Bantu Warga Palestina saat Ramadhan, Mesir Buka Perbatasan Gaza

Sebagian besar tewas dalam unjuk rasa di perbatasan Gaza-Israel termasuk 61 orang yang tewas pada 14 mei lalu. Sementara sisanya tewas akibat serangan udara.

Israel mengatakan, mereka semata mempertahankan perbatasan dan menuding Hamas mendorong ribuan warga Palestina menerobos perbatasan untuk menyerang Israel.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.