Kompas.com - 29/05/2018, 14:04 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Persiapan pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un diliputi tekanan.

Pejabat Gedung Putih mendeskripsikan mereka berjibaku dengan waktu untuk memastikan pertemuan di Singapura pada 12 Juni mendatang berlangsung sesuai jadwal.

"Presiden menekan para pembantunya untuk terus bergerak sesuai jadwal. Meski, staf penasihat keamanan nasional berkata waktunya tidak cukup," kata pejabat itu dilansir CNN Senin (28/5/2018).

Sejumlah staf senior dikerahkan ke Korea Selatan (Korsel) dan Singapura untuk mempersiapkan pertemuan puncak dua pemimpin tersebut.

Baca juga: Sebelum Jumpa Kim Jong Un, Trump Dijadwalkan Bertemu PM Jepang

Di Korsel, tim negosiator yang dipimpin Sung Kim bertemu dengan delegasi Korut di zona demiliterisasi Panmunjom sejak Senin.

Negosiasi awal tersebut untuk menentukan agenda apa yang bakal dibawa Trump dan Kim ketika mereka bertemu empat mata 12 Juni nanti.

Tujuan utama dari dialog di Panmunjom adalah menentukan kerangka waktu kapan Kim bakal melakukan denuklirisasi, dan apa yang bisa diberikan AS sebagai balasan.

Dua kali pertemuan antara Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Kim tidak menjelaskan secara spesifik bentuk denuklirisasi yang diinginkan.

Max Baucus, mantan Duta Besar AS untuk Beijing 2014-2017 berkata, agenda denuklirisasi kemungkinan bakal dibicarakan pada pertemuan di bulan atau tahun mendatang.

"Namun, melihat keduanya berjabat tangan mungkin bakal menjadi sesuatu yang positif. Saya berharap pertemuan itu bakal menjadi langkah awal untuk negosiasi yang lebih konkret," kata Baucus.

Halaman:
Sumber CNN


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.