Kompas.com - 28/05/2018, 19:42 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, berkata pemerintahannya bakal melindungi hak-hak warga minoritas.

Ucapan itu disampaikan Mahathir saat memberikan pesan peringatan Hari Raya Waisak, sebagaimana dilaporkan Channel News Asia Senin (28/5/2018).

Pemimpin 92 tahun itu berujar, warga yang berasal dari berbagai ras, bahasa, agama, dan kebudayaan berbeda sudah terbiasa merayakan hari besar agama lain.

Baca juga: Mahathir Mohamad Dicalonkan Sebagai Penerima Nobel

"Ini merupakan manifestasi dari kebebasan beragama yang diterapkan di Malaysia. Tidak hanya agama. Namun juga kebebasan berbahasa maupun berbudaya," tuturnya.

Dia melanjutkan, kebebasan yang ada di Malaysia harus dilindungi oleh konstitusi dan hukum yang berlaku agar tidak dinodai oleh tindakan ekstremis.

"Toleransi tidak sekadar dipraktikan lewat kata-kata. Setiap orang harus bisa meneriam perbedaan satu dengan yang lain," tegasnya.

Mahathir berkata, meski Hari Waisak merupakan peringatan kelahiran pendiri agama Buddha, Siddharta Gautama, tujuan utamanya adalah mengajak orang berbuat baik.

"Kami berharap, dengan usaha keras kami, Malaysia bakal menjadi negara yang maju serta makmur," tutur PM yang pernah berkuasa pada 1981-2003 itu.

Baca juga: Mahathir Batalkan Proyek KA Cepat Singapura-Kuala Lumpur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.