Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekurangan Toilet, Narapidana di Penjara Inggris Buang Kotoran lewat Jendela

Kompas.com - 28/05/2018, 15:38 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WORCESTERSHIRE, KOMPAS.com - Sebuah penjara negara di Inggris dilaporkan minim fasilitas terutama toilet sehingga memaksa tahanan untuk buang air besar di dalam sel dan membuangnya melalui jendela.

Sebuah laporan yang dirilis inspektur penjara mengklaim Penjara Negara HMP Long Lartin di desa Littleton Selatan, dekat Evesham, Worcestershire, sangat membutuhkan fasilitas toilet.

Penjara kategori A tersebut menampung sejumlah narapidana berprofil tinggi, seperti ulama radikal Abu Hamza dan Ian Watkins, serta menjadi rumah tahanan bagi pembunuh ganda, Christopher Halliwell.

Baca juga: Pembunuh Berantai Asal Inggris, Meninggal Dalam Penjara di Usia 72

Para inspektur melaporkan, sebagian fasilitas di penjara tersebut telah berusia tua. Hal itu membuat dari total 620 narapidana, lebih separuhnya tidak memiliki fasilitas toilet di dalam sel mereka.

Pihak penjara harus membuka kunci sel pada malam hari agar para narapidana yang butuh buang air dapat menggunakan fasilitas toilet yang ada di luar sel.

Namun karena keterbatasan toilet, antrean panjang narapidana di depan toilet pun tidak terelakkan.

"Pada satu waktu seorang narapidana diizinkan keluar dari sel selama 15 menit untuk menggunakan toilet atau mandi di malam hari. Namun kerap terjadi antrean dengan hingga tujuh atau lebih tahanan," tulis laporan tersebut.

"Sebagai akibatnya, beberapa narapidana harus menunggu hingga dua jam untuk ke toilet. Terkadang juga disiapkan ember di dalam sel jika mereka tidak sempat mengantre."

"Tahanan yang sudah tidak tahan terkadang terpaksa menggunakan kantong plastik untuk buang air besar atau kecil dan kemudian melemparkannya ke luar sel melalui jendela agar tidak mengotori sel," lanjut laporan tersebut dilansir Metro.co.uk.

Praktik yang banyak dilakukan pada zaman Viktoria itu telah dihapus dari puluhan tahun lalu karena dianggap tak pantas.

Baca juga: Di Kosta Rika, Kucing Dipakai untuk Selundupkan Ponsel ke Penjara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com