Kompas.com - 28/05/2018, 09:39 WIB

AUGUSTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Amerika Serikat George HW Bush kembali dirawat di rumah sakit negara bagian Maine pada Minggu (28/5/2018), setelah dia mengalami tekanan darah rendah dan kelelahan.

Kepala staf Bush, Jean Becker, mengatakan presiden ke-41 AS itu akan berada di rumah sakit selama beberapa hari untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Presiden George HW BUsh dibawa ke rumah sakit Maine Selatan hari ini setelah mengalami tekanan darah rendah dan kelelahan," katanya.

Bush tiba di Maine untuk menghabiskan musim panas pada 20 Mei 2018.

Baca juga: Ini Rencana George HW Bush Jika Sudah Keluar dari Rumah Sakit

Sebulan setelah kematian istrinya, Barbara Bush, pria berusia 93 tahun itu ingin kembali ke kompleks keluarga di Walker's Point.

Dia selalu mengunjungi lokasi itu setiap musim panas sejak dia masih kecil, kecuali pada tahun-tahun ketika dia bergabung pada militer pada Perang Dunia II.

Pada Sabtu (26/5/2018), Bush sempat menghadiri acara makan pagi di pos American Legion di Kennebunkport. Dia juga telah dijadwalkan untuk menghadiri pawai Memorial Day di kota pada Senin (28/5/2018).

Bush pernah memiliki penyakit Parkinson dan riwayat pneumonia serta infeksi lainnya.

Sebelumnya, dia dirawat di rumah sakit di Houston pada 22 April 2018, sehari setelah pemakaman istrinya. Dia dirawat selama 13 hari.

Bush selalu menggunakan kursi roda dan skuter listrik untuk mobilitas sehari-hari. Dia juga pernah dirawat di rumah sakit beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir karena masalah pernapasan.

Baca juga: Sepekan Usai Kematian Istrinya, Kondisi George HW Bush Kritis

Kondisi kesehatan Bush membuat anggota keluarga semakin khawatir. Sanjay Gupta, seorang ahli medis pernah mengatakan, menurunnya kondisi kesehatan Bush bisa saja berkaitan dengan kematian sang istri.

"Ada kondisi di mana sebuah masalah dapat mempengaruhi kekebalan tubuh dan kerentanan terhadap infeksi," ujar Gupta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN,VOA News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.