Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Isyaratkan Ingin Kembali Jabat Posisi Perdana Menteri pada 2024

Kompas.com - 27/05/2018, 16:25 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MOKSWA, KOMPAS.com - Belum lama dilantik sebagai Presiden Rusia untuk masa jabatan keempat, Vladimir Putin mengisyaratkan akan tetap berada di lingkaran penguasa dengan menjadi perdana menteri usai habis masa jabatannya pada 2024 mendatang.

Presiden Putin pada Jumat (25/5/2018) mengisyaratkan keinginannya kembali menjadi perdana menteri usai habis masa jabatannya di 2024.

"Saya selalu mematuhi dan akan selalu patuh terhadap konstitusi Rusia. Konstitusi secara jelas mengatakan seseorang tidak diizinkan menjabat lebih dari dua periode secara berturut-turut," kata Putin.

"Saat ini adalah masa jabatan saya selama dua kali berturut-turut," tambah Putin, menjawab pertanyaan dalam sebuah forum di Saint Petersburg, mengenai rencananya meninggalkan kekuasaan pada 2024.

Baca juga: Putin Dilantik untuk Periode Keempat, Ini Tantangan yang Dihadapi

Konstitusi Rusia secara jelas mengatur jika seseorang dapat menjabat sebagai presiden selama dua periode secara berturut-turut. Setelahnya, dia baru bisa kembali dipilih setelah jeda satu periode.

"Ingat ketika sebelumnya saya meninggalkan jabatan kepresidenan, saya juga berencana untuk tetap berpegang pada aturan kali ini," kata Putin mengisyaratkan rencana mengulang langkah pada 2008.

Putin pertama kali menjabat sebagai Presiden Rusia pada 1999 hingga 2000 melanjutkan masa jabatan yang ditinggalkan Boris Yeltsin. Dia kemudian dua kali terpilih sebagai presiden pada 2000-2004 dan 2004-2008.

Pada 2008 hingga 2012, Putin menjabat sebagai perdana menteri, mendampingi Dmitry Medvedev karena undang-undang Rusia yang melarang seseorang menjabat sebagai presiden untuk tiga periode berturut-turut.

Setelahnya pada 2012 hingga 2018, Putin kembali berkuasa sebagai presiden untuk ketiga kalinya dan meneruskan menjabat untuk periode 2018-2024 mendatang setelah memenangi pemilihan umum pada 18 Maret lalu.

Namun saat kembali dipancing dengan pertanyaan soal mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan 2030, Putin menjawab tidak ingin menjadi presiden saat sudah berusia 100 tahun.

Baca juga: Pengawalnya Dorong Veteran Perang, Presiden Putin Turun Tangan

"Apakah saya harus berada di jabatan ini sampai saya berusia 100 tahun? Tidak!" kata Putin.

Putin saat ini berusia 65 tahun dan saat merampungkan masa jabatannya pada 2024, dia masih berusia 71 tahun.

Jika ingin kembali menjabat sebagai presdien setelah jeda satu periode, maka Putin sudah akan berusia 77 tahun saat pemilihan presiden di 2030.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com