Kompas.com - 26/05/2018, 12:40 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berkata, dia dan Korea Utara (Korut) sama-sama menginginkan terjadinya pertemuan.

Pernyataan itu disampaikan Trump di South Lawn sebelum bertolak ke Akademi Angkatan Laut AS di Maryland, seperti dilansir CNN Jumat (25/5/2018).

Trump menyampaikannya setelah dia mengatakan pertemuan antara dirinya dengan Pemimpin Korut Kim Jong Un masih bisa dilaksanakan pada 12 Juni di Singapura.

"Mereka (Korut) sangat menginginkannya (pertemuan). Kami juga demikian," kata presiden ke-45 dalam sejarah AS tersebut.

Baca juga: Trump: Pertemuan dengan Kim Masih Mungkin Terlaksana pada 12 Juni

Trump menambahkan dalam kicauannya di Twitter, tengah terjadi dialog yang sangat produktif antara AS dengan Korut soal kepastian pertemuan.

"Jika memungkinkan, maka pertemuan tersebut bakal diperpanjang," ujar presiden berusia 71 tahun asal Partai Republik tersebut.

Sebelumnya pada Kamis (24/5/2018), Trump mengumumkan pembatalan pertemuannya dengan Kim menyusul klaim sikap bersahabat yang ditunjukkan negeri komunis itu dalam dua pekan terakhir.

Dalam suratnya, Trump menyampaikan kalau pertemuan harus dibatalkan meski dia memandang keputusan itu bakal merugikan dunia.

"Berdasarkan kemarahan hebat dan permusuhan terbuka yang ditunjukkan dalam pernyataan terakhir Anda, saya merasa itu semua sangat tidak pantas, di saat ini, terkait pertemuan yang sudah lama direncanakan," ucap Trump.

Suami Melania Trump itu juga mengomentari soal kemampuan senjata nuklir yang selama ini sering didengungkan oleh Korut.

Halaman:
Sumber CNN


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.