Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump: Pertemuan dengan Kim Masih Mungkin Terlaksana pada 12 Juni

Kompas.com - 25/05/2018, 22:38 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Hanya berselang satu hari usai pengumuman Presiden AS yang membatalkan rencana pertemuan puncak dengan Korea Utara, Donald Trump mengatakan bahwa pertemuannya dengan Kim Jong Un masih bisa terwujud.

Tak hanya kembali membuka peluang terjadinya pertemuan, Trump bahkan menyebut rencana awal yang menjadwalkan pertemuan pada 12 Juni mendatang masih mungkin terlaksana.

"Kita akan melihat apa yang terjadi," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, pada Jumat (25/5/2018).

Pernyataan Trump tersebut menyusul balasan dari Pyongyang yang menyatakan masih membuka peluang diplomasi, yang dipandang sebagai berita yang sangat baik.

Baca juga: Ini Lima Pernyataan Donald Trump yang Mengundang Kontroversi

"Bahkan pertemuan itu bisa terjadi pada tanggal 12," lanjut Trump yang mengacu pada jadwal semula pertemuan yakni 12 Juni mendatang di Singapura.

"Kami sedang berbicara dengan mereka sekarang. Mereka sangat ingin melakukannya. Kami pun ingin melakukannya. Kita lihat apa yang akan terjadi," kata Trump.

Menanggapi kabar pembatalan pertemuan yang disampaikan Gedung Putih melalui surat kepada Kim Jong Un, Pyongyang mengatakan bersedia berbicara dengan AS kapan pun.

Tanggapan yang disambut sebagai tindakan yang ramah dan produktif oleh Trump.

"Kita akan segera melihat ke mana ini akan menuju, semoga saja menuju pada perdamaian dan kemakmuran yang panjang dan abadi," kata Presiden AS dalam twitnya.

Baca juga: Inilah Isi Surat Donald Trump untuk Kim Jong Un

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com