Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria di China Beri Karangan Bunga dari 3.344 Lembar Uang untuk Kekasihnya

Kompas.com - 25/05/2018, 22:00 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

CHONGQING, KOMPAS.com - Seorang pria di China ingin membuktikan cintanya kepada sang kekasih dengan memberikan kado ulang tahun berupa karangan bunga berbentuk hati.

Namun bukannya menggunakan bunga sungguhan, pria itu menggunakan 3.344 lembar uang kertas 100 yuan.

Foto-foto yang menunjukkan saat beberapa orang mengangkut karangan bunga uang dan saat perayaan ulang tahun telah tersebar di dunia maya.

Dilaporkan harian Chongqing Morning Post, pada Kamis (24/5/2018), perayaan ulang tahun itu dilangsungkan di sebuah hotel di kota Chongqing.

Baca juga: Gadis Ini Terima Karangan Bunga dari Ayahnya yang Sudah Wafat

Dengan tepat 3.344 lembar uang kertas 100 yuan, maka karangan bunga uang itu total bernilai 334.400 yuan atau lebih dari Rp 735 juta.

Tidak diungkapkan nama pria pemberi karangan bunga uang itu maupun perempuan yang sedang berulang tahun.

Namun salah seorang sumber yang mengaku hadir dalam perayaan tersebut mengatakan, pesta ulang tahun itu dilangsungkan pada 16 Mei lalu. Karangan uang itu dibuat oleh pengrajin bunga lokal.

"Untuk menyusunnya dibutuhkan tenaga tujuh orang dan waktu 10 jam," ujarnya dikutip SCMP.

Walaupun terlihat istimewa, ternyata tidak semua orang mengapresiasi hal tersebut. Banyak yang kemudian mengecamnya karena dianggap merusak uang yang berharga.

Seorang manajer dari kantor cabang Bank Rakyat China mengatakan, apa yang dilakukan pria tersebut dapat dianggap sebagai tindak kriminal.

"Pengrusakan dengan sengaja terhadap renminbi (nama resmi mata uang China) adalah perbuatan yang dilarang," kata pejabat yang tak ingin diungkapkan namanya.

Baca juga: Di Jerman, Ada Uang Kertas 0 Euro Bergambar Karl Marx

"Semua pihak dan individu adalah harus menghargai uang kertas renminbi," tambahnya.

"Ada banyak cara untuk menyatakan dan mengungkapkan perasaan cinta, tetapi tidak perlu dengan cara yang melawan hukum," kata pejabat itu.

Tidak diketahui apakah ada tindakan yang diambil terhadap pria tersebut atas tindakannya menggunakan uang kertas sebagai karangan bunga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com