Kompas.com - 25/05/2018, 03:15 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In dilaporkan menggelar rapat darurat pada Kamis (24/5/2018).

Rapat itu terjadi setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membatalkan pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Diwartakan Yonhap, rapat itu dilaksanakan di Cheong Wa Dae atau Gedung Biru, julukan kantor Kepresidenan Korsel, pukul 23.30 waktu setempat.

Hadir dalam pertemuan tersebut, kepala staf, penasihat keamanan nasional, kepala intelijen, kepala sekretaris pers, menteri luar negeri, menteri pertahanan, dan menteri unifikasi.

Baca juga: Trump Batalkan Pertemuannya dengan Kim Jong Un

Dalam pernyataannya saat rapat, Moon menyayangkan keputusan Trump yang memutuskan untuk menarik diri dari perundingan dengan Kim.

"Denuklirisasi di Semenanjung Korea dan perdamaian utuh merupakan tugas historis yang tidak bisa dibatalkan atau ditunda," kata Moon dilansir AFP.

Pemimpin 65 tahun itu menambahkan, saat sulit untuk mencari solusi jika memperhatikan komunikasi yang dilakukan Korut dan AS.

"Saya berharap kedua pemimpin bisa mengurai isu ini melalui dialog secara langsung dan lebih mendalam," beber Moon.

Sebelumnya, dalam surat yang dirilis Gedung Putih, presiden ke-45 AS itu menyatakan menggelar pertemuan empat mata nampaknya tidak akan terealisasikan.

"Melihat kemarahan yang Anda perlihatkan belakangan ini, saya merasa tidak tepat jika harus menggelar pertemuan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Yonhap,AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.