Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Resmi Hancurkan Situs Nuklir Punggye-ri

Kompas.com - 24/05/2018, 18:25 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) dilaporkan telah resmi menghancurkan situs uji coba nuklirnya yang terletak di Punggye-ri Kamis (24/5/2018).

Jurnalis Sky News, Tom Cheshire, mengatakan kalau sebelumnya mereka menempuh perjalanan ke Punggye-ri selama 12 jam dengan kereta.

Cheshire merupakan salah satu dari sekitar 20 jurnalis asing yang diundang secara khusus untuk menyaksikan penghancurkan situs tersebut.

Dalam keterangannya, dia koleganya menaiki kereta yang kacanya sengaja dihitamkan, dan menempuh perjalanan selama 12 jam.

Baca juga: Korea Utara Dilaporkan Bakal Hancurkan Situs Nuklirnya Besok

Kemudian mereka harus naik mobil selama satu jam sebelum sampai di lokasi. "Kami melihat penghancuran itu dari jarak sekitar 500 meter," kata Cheshire.

Setelah seorang pejabat Korut meneriakkan hitungan mundur, ledakan besar terjadi di mana para jurnalis merasakan panas dan debu yang menerpa mereka.

Adapun Yonhap melaporkan, ledakan pertama terjadi pada pukul 11.00 waktu setempat di terowongan bawah tanah bagian utara.

Kemudian pada pukul 14.00, Korut meledakkan dua terowongan lain, barak, dan fasilitas penunjang yang ada di Punggye-ri.

"Belum diketahui apakah penutupan situs tersebut juga dihadiri oleh Pemimpin Kim Jong Un," ujar Yonhap dalam reportasenya.

Para jurnalis asing yang terdiri dari Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat (AS), China, Rusia, dan Inggris, diundang dalam penghancuran situs.

Situs itu telah melaksanakan lima dari enam uji coba nuklir sejak Oktober 2006, dengan uji coba terakhir terjadi pada 3 September 2017.

Saat itu, negara komunis tersebut mencoba bom hidrogen (termonuklir) yang diklaim sebagai senjata terkuat mereka.

Penutupan Punggye-ri merupakan komitmen yang dilakukan oleh Korut untuk melakukan denuklirisasi di kawasan Semenanjung Korea.

Selain itu, penghancuran tersebut terjadi jelang pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Kim yang dijadwalkan bakal digelar di Singapura, 12 Juni nanti.

Baca juga: Mengenal Punggye-ri, Situs Uji Coba Nuklir Korea Utara yang Misterius

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com