Kompas.com - 24/05/2018, 17:55 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah masjid di Inggris menerima sumbangan berupa mata uang digital, sehingga menjadikannya yang pertama di dunia.

Dilansir dari The Independent, Rabu (23/5/2018), Masjid Shacklewell Lane di Hackney, London, menyatakan muslim di Inggris bisa menggunakan mata uang digital untuk menyumbang masjid.

Masjid tersebut akan menerima dua jenis mata uang digital, yaitu bitcoin dan ethereum.

Baca juga: Bitcoin Diprediksi Tembus 64.000 Dollar AS pada 2019 Mendatang

Selama Ramadhan ini, masjid Shacklewell Lane berharap dapat mengumpulkan sumbangan hingga 10.000 poundsterling atau Rp 189,2 juta.

Uang sumbangan tersebut bakal digunakan untuk memperbaiki masjid, membantu keluarga yang kesulitan membayar biaya pemakaman, mengoperasikan tempat penampungan, dan memberi makanan kepada yang membutuhkan.

"Kami mencoba untuk menarik lebih banyak orang dengan uang jenis baru," kata Erkin Guney, pejabat pengurus masjid.

"Ini merupakan hal besar, dan kami menyiapkan ketentuan bagi muslim di luar komunitas kami untuk bisa mendukung dan berdonasi ke masjid kami," ucapnya.

Pendiri Combo Innovation, Gurmit Singh, meyakini jumlah donasi akan bertambah banyak dengan inovasi ini.

Baca juga: CEO Twitter Ramal Bitcoin Jadi Mata Uang Dunia

Combo Innovation merupakan start-up yang membantu masji untuk membuat dompet bitcoin.

"Kemungkinan angkanya bisa jauh lebih tinggi. Saat ini hampir tidak ada masjid atau badan amal Islam yang menerima zakat dalam mata uang digital," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.