Tas Istri Najib Paling Murah Rp 168 Juta, Warga Malaysia Berang - Kompas.com

Tas Istri Najib Paling Murah Rp 168 Juta, Warga Malaysia Berang

Kompas.com - 24/05/2018, 16:41 WIB
Kepolisian Malaysia menyita setumpuk barang dan dokumen dari salah satu kondominium milik mantan perdana menteri Najib Razak, Jumat (18/5/2018).AFP/ARIFFIN JAMAR Kepolisian Malaysia menyita setumpuk barang dan dokumen dari salah satu kondominium milik mantan perdana menteri Najib Razak, Jumat (18/5/2018).

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Koleksi tas mewah adalah salah satu hasil penyitaan yang dilakukan kepolisian Malaysia dari kediaman dan properti milik mantan PM Najib Razak.

Sederet tas mewah itu adalah milik Rosmah Mansor istri Najib yang dikenal dengan gaya hidupnya yang glamor. Meski demikian tetap saja koleksi tas Rosmah membuat warganet Malaysia tercengang.

Salah satu yang membuat warga Malaysia tercengang sekaligus berang adalah tas jinjing merek Hermes Birkin yang di pasaran dijual dengan harga paling murah 11.900 dolar AS atau sekitar Rp 168 juta.

Tas ini adalah salah satu yang disita dalam penggeledahan pekan lalu. Dari beberapa properti milik Najib, polisi menyita sejumlah kotak Hermes berwarna jingga.

Baca juga: Uang yang Disita dari Kediaman Najib Razak Berjumlah Rp 427 Miliar

Kotak-kotak jingga, yang diyakini adalah milik Rosmah Mansor, membuat warga berang dan langsung membandingkan Rosmah dengan Imelda Marcos.

Bahkan tagar #Birkin menjadi trending topic Twitter di Malaysia yang isinya membahas tentang isi 284 kotak berisi tas-tas mewah itu.

"Birkin, mengapa kalian membuat tas begitu mahal, mahluk apa yang dibunuh untuk tas ini. Tas ini harganya jutaan ringgit? Apakah memiliki apa yang saya butuhkan? Apakah tas itu punya kabel USB dan powerbank? Bisakah saya masukkan ikan patin ke tas itu?" kata akun @MogiYgJahat.

"Satu tas Birkin 200K USD = RM800K. Bisa untuk beasiswa satu mahasiswa kedokteran RM55000K untuk lima tahun. Satu tas bisa membiayai 14 mahasiswa kedokteran," kata akun @rachelkori.

"72 tas perhiasan, 284 kotak tas mewah. Harga semua tas Birkin itu bisa mencapai 56 juta dolar. Tak salah jika menyebut Rosmah seorang kolektor," ujar @yinshaoloong.

Bagi sebagian besar rakyat Malaysia, tas milik Rosmah bukan sekadar tas. Koleksi tas mewah itu merupakan simbol vulgar tak pedulinya pemerintahan Najib dengan nasib rakyat kecil.

Sama seperti Imelda Marcos yang hobi mengoleksi sepatu mahal, tas-tas mewah milik Rosmah merupakan hal kontras di saat sebagian rakyat menghadapi kesulitan ekonomi.

Hermes dan Birkin yang sangat populer di Asia, terutama di China, kini tengah berjuang memerangi menurunnya penjualan di Eropa.

Vicktoria Beckham dikenal sebagai salah seorang kolektor Birkin. Sosialita Singapura Jamie Chua dikabarkan memiliki 200 buah tas mahal itu.

Baca juga: Skandal 1MDB, Najib Razak Diperiksa Komisi Anti-korupsi Malaysia

Memiliki Birkin bagi orang-orang ini bukan sekadar gengsi tetapi investasi. Diolah dari kulit terbaik, dibuat dengan tangan selama beberapa hari, maka tas ini dianggap sebagai investasi yang lebih baik dibanding emas atau saham.

Gaya hidup mewah Rosmah ini bertolak belakang dengan penampilan PM Mahathir Mohamad yang amat bersahaja.

Mahathir bahkan banyak mendapat pujian setelah fotomya saat  mengenakan sandar Bata yang harganya tak sampai Rp 60.000 tersebar di media sosial. 


Komentar
Close Ads X